Mengenal Kepribadian ISTP, Karakter yang Independen dan Rasional

Galuh Prakasa
Minggu 29 Oktober 2023, 16:46 WIB
Ilustrasi | ISTP (introverted, sensing, thinking, perceiving) adalah seorang yang independen dan dapat diandalkan.(Sumber : freepik)

Ilustrasi | ISTP (introverted, sensing, thinking, perceiving) adalah seorang yang independen dan dapat diandalkan.(Sumber : freepik)

INFOSEMARANG.COM -- ISTP (introverted, sensing, thinking, perceiving) adalah salah satu dari 16 jenis kepribadian yang diidentifikasi oleh Myers-Briggs Type Indicator (MBTI).

Dilansir dari verywellmind, orang dengan kepribadian ISTP menikmati waktu untuk berpikir sendiri dan sangat independen. Mereka juga mencintai tindakan, pengalaman baru, aktivitas praktis, dan kebebasan untuk bekerja sesuai dengan kecepatan mereka sendiri.

ISTP senang untuk membongkar barang hanya untuk melihat bagaimana cara kerjanya. Mereka logis dan rasional, tetapi lebih tertarik pada aplikasi praktis daripada gagasan abstrak.

Mereka senang melakukan hal-hal baru dan dapat merasa bosan dengan rutinitas dengan cepat.

Baca Juga: Petugas KAI Bongkar Modus Charity Mahasiswi Gadungan di Stasiun Bandung

Karakteristik Utama ISTP

1. Berorientasi pada tujuan: Orang dengan kepribadian ISTP berorientasi pada hasil. Ketika ada masalah, mereka ingin segera memahami penyebab mendasar dan menerapkan solusi.

2. Terbuka untuk pengalaman baru: ISTP menikmati pengalaman baru dan sering terlibat dalam perilaku berisiko atau berani. Mereka sering terlibat dalam hobi berisiko atau berkecepatan tinggi seperti berkendara motor, paralayang, bungee jumping, selancar, atau hoki es. Dalam beberapa kasus, mereka mungkin mencari petualangan dengan memilih karir di bidang balap, penerbangan, atau pemadam kebakaran.

3. Objektif: Mereka lebih suka membuat keputusan berdasarkan kriteria objektif daripada keyakinan atau nilai pribadi.

4. Terpelihara tapi tenang: ISTP sering dijelaskan sebagai pendiam tetapi memiliki sikap yang santai terhadap orang lain. Mereka bisa berbicara banyak di tempat kerja atau dalam pengaturan di mana mereka memiliki banyak kesamaan dengan orang lain.

5. Emosionalnya terpisah: ISTP tidak selalu peka terhadap keadaan emosional orang lain, dan terkadang mereka dianggap dingin, tidak berperasaan, atau tidak peka. Mereka juga menjauhkan diri dari emosi mereka sendiri, mengabaikan perasaan mereka sampai menjadi sangat kuat.

6. Tenang: Salah satu kesalahan umum tentang ISTP adalah bahwa mereka tipe pendiam dan stoik. Meskipun mereka cenderung pendiam, hal ini tidak berarti bahwa mereka tidak mengalami emosi yang kuat. Sebaliknya, mereka pandai menjaga kepala dingin, menjaga objektivitas, dan mengatasi krisis.

Beberapa variasi tes juga membagi tipe ini menjadi dua subtipe: ISTP-A (identitas asertif) dan ISTP-T (identitas turbulen).

ISTP yang asertif lebih percaya diri dalam pengetahuan dan kemampuannya, sementara ISTP yang turbulen lebih cenderung meragukan diri sendiri.

Kekuatan
1. Logis
2. Belajar dari pengalaman
3. Berorientasi pada tindakan
4. Realistis dan praktis
5. Menikmati hal baru
6. Percaya diri dan santai

Kelemahan
1. Sulit dikenal
2. Tidak peka
3. Cepat bosan
4. Pemberani
5. Tidak suka komitmen

Baca Juga: Profil Megawati Hangestri, Atlet Voli Berjuluk 'Megatron' yang Kini Perkuat Tim Red Sparks Korea

Fungsi Kognitif ISTP

MBTI menyarankan bahwa orang memiliki beberapa fungsi kognitif yang berbeda (berpikir, merasa, intuisi, dan perasaan) yang kemudian dapat diarahkan ke dalam (introvert) atau ke luar (ekstrovert). MBTI menyarankan bahwa susunan hierarkis fungsi-fungsi ini membentuk kepribadian setiap individu.

Fungsi dominan adalah aspek paling menonjol dari kepribadian, meskipun fungsi tambahan juga memainkan peran pendukung penting.

Fungsi tersier dan inferior kurang penting dan mungkin beroperasi secara besar-besaran di bawah kesadaran atau menjadi lebih jelas ketika seseorang berada di bawah tekanan.

Dominan: Berpikir Introvert

ISTP menghabiskan banyak waktu untuk berpikir dan berurusan dengan informasi di dalam pikiran mereka sendiri. Ini berarti mereka tidak menghabiskan banyak waktu untuk mengungkapkan diri secara verbal, sehingga sering dianggap sebagai orang yang pendiam.

Mereka bergerak secara rasional dan logis, sehingga sering fokus pada hal-hal yang tampak praktis dan berguna.

Karena mereka sangat logis, ISTP pandai dalam melihat situasi secara objektif dan menghindari faktor subjektif atau emosional saat membuat keputusan.

Fungsi Tambahan: Sensing Ekstrovert

ISTP lebih suka fokus pada saat ini dan mengambil satu hal sekaligus. Mereka sering menghindari membuat komitmen jangka panjang dan lebih suka fokus pada "di sini dan sekarang" daripada memikirkan rencana dan kemungkinan di masa depan.

ISTP cenderung sangat logis dan menikmati belajar dan memahami cara kerja sesuatu. Mereka mungkin membongkar perangkat mekanik hanya untuk melihat bagaimana cara kerjanya.

Meskipun mereka pandai memahami informasi abstrak dan teoritis, mereka tidak begitu tertarik pada hal-hal semacam itu kecuali jika mereka dapat melihat aplikasi praktis.

Tersier: Intuisi Introvert

Fungsi ini sering beroperasi secara besar-besaran dalam kepribadian ISTP. Meskipun mereka biasanya tidak tertarik pada gagasan abstrak, mereka mungkin mengambil konsep-konsep tersebut dan mencoba mengubahnya menjadi tindakan atau solusi praktis.

Fungsi ini yang berada di balik "intuisi tiba-tiba" yang kadang-kadang dialami oleh ISTP saat membuat keputusan. Dengan mensintesis informasi yang dibawa oleh fungsi dominan dan tambahan, aspek kepribadian ini mungkin bertanggung jawab atas momen "aha" tiba-tiba dari wawasan.

Inferior: Perasaan Ekstrovert

Aspek kepribadian ini cenderung beroperasi di latar belakang kepribadian ISTP, tetapi dapat menjadi lebih nyata selama periode stres. Dalam situasi yang sangat menegangkan, ISTP kadang-kadang dapat meledak dalam ledakan emosi tiba-tiba.

Mereka sering mengabaikan perasaan mereka sendiri sampai mencapai titik yang memuncak, yang dapat menyebabkan mereka mengekspresikan emosi dengan cara yang tampak tidak pantas.

Baca Juga: Tanda Pasangan Punya Simpanan, Waspada Namun Tetap Lakukan Langkah Bijak Ini

ISTP yang Mungkin Anda Kenal

- Clint Eastwood, aktor
- Zachary Taylor, Presiden Amerika Serikat
- Alan Shepard, astronot
- Amelia Earhart, pilot
- Bruce Lee, seniman bela diri

Hubungan Pribadi dengan ISTP

ISTP adalah introvert dan cenderung pendiam dan terpelihara. Mereka berkembang dalam pengalaman baru dan tidak suka rutinitas yang ketat.

Dalam hubungan, mereka sangat independen dan tidak suka merasa dikendalikan. Membuat komitmen sulit bagi ISTP, tetapi mereka akan berusaha keras dalam hubungan yang menarik minat mereka.

Mereka tidak sering membagikan emosi mereka dengan orang lain. Meskipun mereka senang mendengar apa yang dipikirkan orang lain, mereka sering menyimpan pendapat mereka sendiri.

Oleh karena itu, orang terkadang menggambarkan ISTP sebagai orang yang sulit dikenal atau canggung. Mereka sering menemukan teman yang menikmati hobi yang serupa dengan mereka dan menikmati waktu bersama teman-teman ini saat mengejar aktivitas tersebut.

Jalur Karir untuk ISTP

Karena ISTP adalah introvert, mereka sering berhasil dalam pekerjaan yang membutuhkan bekerja sendiri.

ISTP cenderung tidak suka struktur yang terlalu ketat dan biasanya berhasil dalam karir di mana mereka memiliki banyak kebebasan dan otonomi.

Karena mereka sangat logis, mereka sering menikmati pekerjaan yang melibatkan pemikiran dan pengalaman langsung. Secara khusus, ISTP suka melakukan hal-hal yang memiliki aplikasi dunia nyata yang praktis.

Karir Populer untuk ISTP

- Ilmu forensik
- Teknik
- Mekanik
- Programmer komputer
- Tukang kayu
- Penegak hukum
- Insinyur perangkat lunak
- Fotografer
- Terapis fisik
- Ilmuwan
- Pilot
- Pemadam kebakaran

Baca Juga: Sering Dikira Sama, Ini Beda Tunangan dan Lamaran yang Jarang Diketahui

Tips untuk Berinteraksi dengan ISTP

Pertemanan
ISTP cenderung ingin tahu dan bahkan petualang, tetapi mereka juga memiliki kebutuhan kuat untuk berada sendiri kadang-kadang. Anda bisa menjadi teman yang hebat dengan mengajak mereka untuk keluar dan mengejar hal-hal baru, tetapi siap untuk menghormati kebutuhan mereka akan ketenangan ketika mereka tidak ingin keluar.

Pengasuhan
Jika Anda adalah orangtua dari anak ISTP, Anda mungkin sangat sadar akan sifat mereka yang independen dan petualang. Anda dapat mendorong rasa percaya diri mereka dengan memberikan kesempatan yang aman dan sehat bagi mereka untuk menjelajahi hal-hal sendiri. Berikan aturan dan panduan, tetapi berhati-hatilah untuk tidak terlalu mengawasi. Berikan anak Anda banyak pembelajaran langsung, petualangan di luar ruangan, dan kesempatan untuk bereksperimen dengan cara kerja hal-hal.

Hubungan
Karena ISTP hidup begitu kuat dalam saat ini, komitmen jangka panjang bisa menjadi tantangan nyata. Anda dapat memperkuat hubungan Anda dengan pasangan ISTP dengan bersedia untuk mengambil segalanya satu hari demi satu hari dan dengan menghormati kebutuhan mereka yang kuat akan kemandirian.***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Olahraga06 Juli 2024, 07:00 WIB

Seri Perdana Trial Game Dirt 2024 di Semarang, Pertarungan Lebih Ketat dengan Regulasi Baru

Persaingan di seri pertama Trial Game Dirt 2024 semakin kompetitif dan lebih ketat dari edisi tahun sebelumnya.
Seri perdana Trial Game Dirt 2024
di Semarang (Sumber:  | Foto: sakti)
Semarang Raya05 Juli 2024, 15:44 WIB

Tanam Padi di Lahan Rob, Pemkot Semarang dan BRIN Implementasikan Hasil Riset Bidang Pertanian

Penebaran benih padi varietas Biosalin dilakukan di lahan tidur imbas rob air laut di Kelurahan Mangunharjo, Kota Semarang.
Penebaran benih padi varietas Biosalin di lahan tidur imbas rob air laut di Kelurahan Mangunharjo, Kota Semarang.
 (Sumber:  | Foto: sakti)
Semarang Raya05 Juli 2024, 15:32 WIB

Hindari Anak-anak Terlibat Perjudian, Walikota Minta Orang Tua Cek Handphone Anak

Mbak Ita juga akan terus melakukan penyuluhan kepada pelajar di setiap sekolah lewat Dinas Pendidikan, agar mereka bisa menghindari hal-hal negatif.
ilustrasi judi online. (Sumber:  | Foto: dok pixabay.)
Umum05 Juli 2024, 15:16 WIB

Ini Nama Dua Putra Putri Terbaik Jateng yang Jadi Paskibraka Nasional 2024

Dua pelajar asal Provinsi Jawa Tengah, lolos seleksi menjadi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2024. Mereka adalah Akmal Faiz Ali Khadafi dan Glenys Lalita Aksani.
Proses seleksi calon Paskibraka Jateng 2024.  (Sumber:  | Foto: istimewa)
Pendidikan04 Juli 2024, 21:42 WIB

Unnes Buka Prodi Ilmu Komunikasi, Daya Tampung 100 Calon Mahasiswa

Pembukaan prodi tersebut dibuka setelah UNNES mendapatkan rekomendasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT).
kampus Unnes Gunungpati Semarang.. (Sumber:  | Foto: dok Unnes.)
Semarang Raya04 Juli 2024, 21:30 WIB

Minimalisir Angka Kesakitan dan Kematian, Pemkot Semarang Telah Jalankan Layanan ILP Hingga Tingkat RW

Sistem Integrasi Layanan Primer (ILP) untuk menjangkau layanan kesehatan masyarakat hingga tingkat RW.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, M. Abdul Hakam. (Sumber:  | Foto: sakti)
Umum04 Juli 2024, 12:12 WIB

Penyelenggaraan AFF U - 16 Sukses, Pj Gubernur Jateng: Menambah Semangat Penyelenggaraan Event

Kesuksesan penyelenggaraan yang diraih,menambah semangat bagi Jateng untuk semakin baik dalam menyelenggarakan event.
Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana usai pertandingan antara Australia VS Thailand di Stadion Manahan. (Sumber:  | Foto: dok)
Umum03 Juli 2024, 19:16 WIB

PJ Gubernur Jateng Cek Keadaan Dunia Usaha, Kunjungi Sido Muncul dan PT SCI Salatiga

Kunjungannya untuk memantau perkembangan sejumlah industri dan ketenagakerjaan di wilayah Jateng.
Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana melakukan kunjungan kerja di PT Sido Muncul. (Sumber:  | Foto: dok Humas Jateng.)
Semarang Raya03 Juli 2024, 10:46 WIB

Jelang Pilwakot, Mbak Ita Lakukan Komunikasi DPD Partai Golkar Kota Semarang

Perempuan yang akrab disapa Mbak Ita tersebut mendatangi kantor DPD Partai Golkar didampingi beberapa pengurus DPC PDI Perjuangan Kota Semarang.
Kader PDI Perjuangan Hevearita Gunaryanti Rahayu  silaturahmi dengan DPD Partai Golkar Kota Semarang. (Sumber:  | Foto: dok)
Umum03 Juli 2024, 10:32 WIB

Pemprov Jateng Fasilitasi Pemulangan Korban Perdagangan Orang

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memfasilitasi pemulangan 49 korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) kembali ke daerah asal.
Korban TPPO di Panti Sosial Margo Widodo, Tugu, Kota Semarang. (Sumber:  | Foto: sakti)