Punya Teman yang Anti Kritik? Bisa Jadi Ia Mengalami Narcissistic Personality Disorder, Apa Itu? Begini Gejalanya

Ilustrasi | Gejala Narcissistic Personality Disorder (Sumber : Freepik/upklyak)

INFOSEMARANG.COM -- Narcissistic Personality Disorder (NPD) adalah gangguan kepribadian yang ditandai oleh pola perilaku yang melibatkan perasaan superioritas, kebutuhan akan perhatian, kurangnya empati terhadap orang lain, dan dorongan untuk mengendalikan orang lain.

Beberapa gejala NPD mungkin tidak selalu disadari oleh individu yang mengalaminya, atau mereka mungkin cenderung meremehkan dampak perilaku mereka pada orang lain.

Berikut adalah beberapa gejala NPD yang mungkin tidak selalu disadari.

Baca Juga: Tinggal Serumah Tapi Merasa Asing dengan Pasangan? Bisa Jadi Terjebak di Pernikahan Toxic, Ini Ciri-cirinya

1. Ketidakmampuan untuk Melihat dari Sudut Pandang Orang Lain

Individu dengan NPD seringkali kesulitan memahami perspektif dan perasaan orang lain. Mereka cenderung berfokus pada diri sendiri dan kesulitan merasa empati terhadap orang lain.

2. Dorongan untuk Mengungguli Orang Lain

Mereka cenderung bersaing dan ingin selalu tampil lebih baik daripada orang lain, bahkan dalam hal-hal sepele. Ini bisa menyebabkan konflik dalam hubungan mereka.

Baca Juga: Korban AR Sebelum Dibunuh Anak Pensiunan Polisi, Sempat Dibonceng Sepeda dan Diiming-imingi Es Krim

3. Perasaan Keharusan untuk Mendapatkan Perhatian

Orang dengan NPD seringkali merasa perlu mendapatkan perhatian yang konstan dan pujian dari orang lain. Mereka mungkin mencari pengakuan dan validasi secara berlebihan.

4. Kebutuhan untuk Dihargai secara Berlebihan

Mereka ingin diperlakukan sebagai individu istimewa dan dihormati tanpa memandang prestasi atau kontribusi yang sebenarnya.

Baca Juga: Tega! Anak Pensiunan Polisi Bunuh Bocah 8 Tahun, Korban Ditelanjangi Sebelum Jenazahnya Dibuang

5. Kehilangan Kesadaran terhadap Dampak pada Orang Lain

Mereka mungkin tidak menyadari bagaimana perilaku atau komentarnya dapat merusak perasaan orang lain atau merugikan hubungan.

6. Ketidakmampuan Menerima Kritik

Orang dengan NPD seringkali tidak dapat menerima kritik atau saran dengan baik. Mereka merasa terluka atau marah ketika dikritik, bahkan jika kritik tersebut bersifat konstruktif.

Baca Juga: Fakta Dibalik Sifat Toxic Kamu, Ternyata Berlawanan dengan Love Language? Begini Penjelasannya

7. Perasaan Kepentingan Sendiri yang Berlebihan

Mereka cenderung menganggap diri mereka sebagai individu yang paling penting dalam segala situasi, dan seringkali akan berbicara tentang diri mereka sendiri dengan berlebihan.

8. Manipulatif dan Menyalahkan Orang Lain

Mereka cenderung mengambil alih situasi atau orang lain, dan dalam konflik, seringkali menyalahkan orang lain tanpa merenungkan peran mereka sendiri dalam masalah tersebut.

Baca Juga: Arab Saudi Bakal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034, Warganet Malah Beri Respon Di Luar Nalar

9. Ketergantungan pada Pujian Eksternal

Mereka mungkin tergantung pada pujian dan pengakuan dari orang lain untuk merasa berharga, dan ini dapat membuat mereka tidak stabil secara emosional.

10. Perasaan yang Rentan Terhadap Kritik

Meskipun mereka mungkin mencoba untuk menunjukkan kepercayaan diri yang tinggi, individu dengan NPD seringkali sangat rentan terhadap kritik dan penolakan, meskipun mereka mungkin tidak menunjukkan itu secara terbuka.

***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI