Bukan Cuma Stres, Kesepian Juga Jadi Penyebab Sulit Tidur Di Malam Hari! Begini Penjelasannya

Ilustrasi | Kesepian Juga Jadi Penyebab Sulit Tidur Di Malam Hari (Sumber : Freepik/amenic181)

Hasil studi mengungkapkan bahwa kesepian yang dialami seseorang dapat membuatnya mudah lelah, sulit berkonsentrasi hingga tidak bisa tidur nyenyak.

INFOSEMARANG.COM -- Tak hanya kondisi stres saja yang dapat menyebabkan sulit tidur di malamhari.

Faktanya, kesepian juga dapat menjadi penyebab seseorang jadi sulit tidur saat malam hari.

Hal ini diungkapkan melalui sebuah studi dari Inggris, di mana dijelaskan bahwa kesepian memiliki keterkaitan yang kuat terhadap kualitas tidur seseorang dan tidak terjadi di kelompok lanjut usia saja.

Baca Juga: Bikin Hati Nyaman, 5 Sikap Perempuan yang Disukai Pria

Dalam studi yang melibatkan 2.232 partisipan tersebut ternyata ditemukan fakta bahwa kesepian yang dialami seseorang dapat membuatnya mudah lelah, sulit berkonsentrasi hingga tidak bisa tidur nyenyak.

Padahal penelitian itu dilakukan pada orang dewasa muda yang memiliki rentang usia 18 hingga 34 tahun. Di mana kemudian hasil penelitian itu menyebutkansekitar 20-30 persen partisipan kadang merasa kesepian.

Sedangkan 5 persen lainnya merasa sering kesepian dan sisanya biasa-biasa saja.

Baca Juga: Gojek Uji Coba Goride Nego, Penumpang Bisa Tawar Tarif Ojol? Warganet: Uninstall Aja

Di sisi lain, melansir dari berbagai sumber, berikut adalah solusi untuk mengatasi kesepian dan kesulitan tidur tersebut.

Solusi Mengatasi Kesepian dan Kesulitan Tidur

1. Mencari Dukungan Sosial: Menghabiskan waktu dengan teman, keluarga, atau anggota komunitas dapat mengurangi rasa kesepian dan memberikan dukungan emosional yang diperlukan.

Baca Juga: Pasang Kamu Cuek Akhir-akhir ini? Jangan Keburu Curiga, Cari Tahu Penyebabnya

2. Terlibat dalam Aktivitas Sosial: Bergabung dengan kelompok hobi atau kegiatan sosial dapat membantu meningkatkan koneksi sosial, mengurangi kesepian, dan meredakan stres.

3. Latihan Fisik Teratur: Olahraga teratur dapat membantu meredakan stres dan kecemasan, mempromosikan tidur yang lebih baik, dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

4. Konseling dan Terapi: Jika kesepian dan sulit tidur berkepanjangan, berkonsultasi dengan seorang ahli psikologi atau terapis dapat memberikan dukungan dan strategi untuk mengatasi masalah tersebut.

***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI