Tanda Kamu Direndahkan oleh Pasangan Sendiri, Lalu Apa yang Sebaiknya Dilakukan?

Ilustrasi direndahkan oleh pasangan sendiri (Sumber : freepik)

INFOSEMARANG.COM - Hubungan yang sehat seharusnya didasari oleh rasa saling menghormati dan menghargai. Namun, jika kamu merasa direndahkan oleh pasangan sendiri, ini bisa menjadi tanda bahwa hubunganmu tidak sehat. Berikut adalah beberapa tanda kamu direndahkan oleh pasangan sendiri:

  • Pasanganmu sering mengkritik atau mengolok-olok kamu. Pasangan yang baik akan mendukung dan menyemangatimu, bukan malah mengkritik atau mengolok-olok kamu. Jika pasanganmu sering melakukan hal ini, ini bisa menjadi tanda bahwa dia tidak menghargai dan menghormati kamu.
  • Pasanganmu selalu membandingkan kamu dengan orang lain. Pasangan yang membandingkan kamu dengan orang lain berarti dia tidak puas dengan dirimu. Hal ini bisa membuat kamu merasa tidak berharga dan tidak percaya diri.

Baca Juga: Keripik Pisang Narkoba Bikin Publik Parno Takut Tak Sengaja Termakan, Ini Alasan Mengapa Anda Tidak Perlu Sekhawatir Itu

  • Pasanganmu selalu menyalahkan kamu atas segala sesuatu. Pasangan yang selalu menyalahkan kamu atas segala sesuatu berarti dia tidak mau bertanggung jawab atas perbuatannya sendiri. Hal ini bisa membuat kamu merasa frustrasi dan kesal.
  • Pasanganmu membuat kamu merasa tidak nyaman atau takut untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai. Pasangan yang posesif dan mengontrol akan mencoba mengendalikan setiap aspek hidupmu. Hal ini bisa membuat kamu merasa tidak bebas dan tidak bisa menjadi diri sendiri.
  • Pasanganmu mengancam atau menyakiti kamu, baik secara fisik maupun emosional. Jika pasanganmu mengancam atau menyakiti kamu, ini adalah tanda yang jelas bahwa kamu berada dalam hubungan yang tidak sehat.

Baca Juga: Keripik Pisang Narkoba di Bantul Dijual Rp1,5 Juta Per Bungkus, Publik: Yang Rp15 Ribu Malah Ori

Jika kamu mengalami salah satu atau beberapa tanda di atas, penting untuk segera berbicara dengan pasanganmu. Jelaskan padanya bahwa sikapnya menyakiti kamu dan kamu tidak bisa menerimanya.

Kalau pasanganmu mau berubah dan berusaha memperbaiki hubungan, kamu bisa mencoba untuk melanjutkan hubungan tersebut. Namun, jika pasanganmu tidak mau berubah, ini saatnya untuk mempertimbangkan untuk mengakhiri hubungan tersebut.

Berikut adalah beberapa tips untuk menghadapi pasangan yang merendahkan kamu:

Baca Juga: Sumber Kekayaan Celine Evangelista, yang Namanya Terseret Kasus Korupsi Jaksa Agung

  • Tetapkan batasan. Jelaskan pada pasanganmu hal-hal apa yang tidak bisa kamu toleransi dan apa konsekuensinya jika dia melanggar batasan tersebut.
  • Komunikasikan perasaanmu secara terbuka dan jujur. Beri tahu pasanganmu bahwa sikapnya menyakiti kamu dan kamu tidak bisa menerimanya.
  • Cari dukungan dari orang lain. Berbicara dengan teman, keluarga, atau terapis dapat membantu kamu mengatasi perasaan negatif dan membuat keputusan yang tepat tentang hubunganmu.
  • Jika perlu, akhiri hubunganmu. Jika pasanganmu tidak mau berubah dan tidak menghargai kamu, ini saatnya mengambil keputusan untuk mengakhiri hubungan tersebut. Kamu tidak pantas diperlakukan dengan buruk.

Ingat, kamu berhak bahagia dan diperlakukan dengan hormat. Jika pasanganmu merendahkan kamu, ini bukan kesalahanmu. Kamu tidak perlu bertahan dalam hubungan yang tidak sehat.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI