Usai Singapura, Kemenkes RI Sebut COVID-19 di Indonesia Juga Naik, Disebabkan Varian Baru EG.5 dan EG.2

Usai Singapura, Kemenkes RI Sebut COVID-19 di Indonesia Juga Naik, Disebabkan Varian Baru EG.5 dan EG.2 (Sumber : Freepik/prostooleh)

INFOSEMARANG.COM -- Diketahui sebelumnya bahwa kini kasus COVID-19 di Singapura kembali melonjak hingga akhir November 2023 lalu.

Di sisi lain, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi pun kemudian juga mengatakan bahwa kasus COVID-19 di Indonesia mengalami kenaikan karena adanya varian baru.

Menurutnya, varian baru yang kini dominan di Indonesia tersebut adalah varian EG.5 dan EG.2, di mana varian EG.5 juga merupakan varian yang membuat kasus COVID-19 di Singapura melonjak lagi.

Baca Juga: Cerita Seorang Teman Korban Erupsi Gunung Marapi Datang ke Pemakaman: Sampai di Rumah kok Peti yang Datang?

Melansir dari pandemictalks sendiri, pada pekan lalu kasus positif di Indonesia tiba-tiba merekot hingga 267 kasus per minggu. Padahal sebelumnya kasus COVID-19 di Indonesia hanya berada pada angka 10-20 kasus dalam seminggu.

Atas naiknya kembali kasus COVID-19 ini, Kemenkes pun menghimbau beberapa hal sebagai berikut.

1. Jika mengalami sakit, sebaiknya warga memakai masker.

2. Pakai masker juga disarankan digunakan bagi warga lansia atau warga dengan penyakit bawaan (komorbid) saat berada di tempat umum.

Baca Juga: Daftar Nama 22 Pendaki yang Meninggal Dunia Terjebak Erupsi Marapi, Sumatera Barat, 1 Pendaki Masih dalam Pencarian

3. Rajin mencuci tangan.

4. Masyarakat sebaiknya menunda bepergian ke negara yang saat ini ada lonjakan kasus COVID-19.

5. Segera lengkapi vaksinasi COVID-19.

Selain itu, pastikan bahwa asupan nutrisi dan gizi terjaga untuk menjaga stamina dan imunitas tubuh. ***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI