6 Jenis Minuman yang Mengandung Kafein Selain Kopi dan Teh, Jangan Dikonsumsi Berlebihan!

Ilustrasi minuman kafein (Sumber : Twitter)

INFOSEMARANG.COM - Kopi dan teh merupakan dua jenis minuman yang paling populer dengan kandungan kafein di dalamnya.

Itulah mengapa kita tidak disarankan untuk terlalu banyak mengonsumsi dua jenis minuman yang mengandung kafein tersebut.

Bagi tubuh manusia, mengonsumsi kafein secara berlebihan bisa mengakibatkan banyak dampak, dari mulai gangguan tidur, pencernaan, hingga jantung.

Baca Juga: Malaysia Masters: Ginting dan Jojo Gagal Revans, Christian Adinata Harapan Terakhir Tunggal Putra di QF

Namun, tahukah Anda jika ternyata bukan hanya kopi dah teh saja jenis minuman yang mengandung kafein, berikut jenis lainnya:

1. Minuman energi

Minuman energi seperti Red Bull, Monster, dan Rockstar mengandung tinggi kafein dan bahan lainnya yang memberikan dorongan energi.

2. Minuman berkarbonasi

Beberapa minuman berkarbonasi seperti cola dan soda juga mengandung kafein. Contohnya adalah Coca-Cola, Pepsi, dan Mountain Dew.

Baca Juga: VIRAL! SMAN 21 Bandung Gagal Pergi Study Tour, Rp400 Juta Digondol Agen Travel Warganet Soroti Bendahara Sekolah

3. Minuman cokelat

Beberapa minuman cokelat seperti cokelat panas atau minuman cokelat dingin dapat mengandung kafein, terutama jika mereka mengandung kakao dalam jumlah tinggi.

4. Minuman olahraga

Beberapa minuman olahraga mengandung kafein, yang bertujuan untuk memberikan dorongan energi kepada atlet atau individu yang aktif secara fisik.

5. Minuman malt

Minuman malt seperti Horlicks, Ovaltine, atau Milo dapat mengandung kafein dalam jumlah kecil. Namun, ini dapat bervariasi tergantung pada merek dan jenis produk.

Baca Juga: Hamish Daud Iseng Edit Wajah Raisa di Video Klip, Sang Istri Beri Reaksi

6. Minuman ringan: Beberapa minuman ringan non-kola seperti bir root, bir jahe, dan bir sarsaparilla juga dapat mengandung kafein.

Kafein dalam minuman ringan ini mungkin tidak sebanyak yang terdapat dalam minuman berkarbonasi.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI