Penyebab Sering Menguap Saat Sedang Puasa, Ada Hubungan dengan Kesehatan dan Kondisi Tubuh?

Ilustrasi menguap. (Sumber : Pixabay)

INFOSEMARANG.COM -- Entah disadari atau tidak, saat sedang puasa, kamu justru sering menguap. Berkaitan dengan kesehatan dan kondisi tubuh, ternyata ini penyebab sering menguap saat sedang puasa.

Pada umumnya, saat seseorang sedang menguap, hal tersebut kerap diindikasi sebagai rasa bosan. Apalagi jika sosok tersebut menguap dalam jangka waktu tertentu.

Secara ilmiah, menguap adalah reaksi tubuh untuk mendapat oksigen ke tubuh. Dalam proses ini, bagian gendang telinga juga mengalami perenggangan yang terhubung ke saluran pernafasan.

Sering menguap saat sedang puasa karena tidak ada asupan makanan yang cukup dalam tubuh. Hal ini membuat tubuh mengalami kekurangan oksigen di otak. Jika oksigen di otak sudah cukup, maka akan meningkatkan fungsi otak.

Di sisi lain, kekurangan oksigen di otak biasanya memicu rasa mengantuk yang kemudian membuat kamu menjadi sering menguap lebih banyak dari biasanya. Bukan hanya melancarkan oksigen, menguap juga melancarkan darah ke otak.

Tidak hanya itu, jika terlalu sering menguap, hal ini bisa menjadi tanda bahwa kamu mungkin mengalami masalah tidur di malam hari. Jika diremehkan, hal ini tentu akan berdampak pada masalah kesehatan yang serius.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan National Institutes of Health, menguap secara berlebihan adalah reaksi saraf vagus yang berkaitan dengan masalah jantung.

Menariknya, menguap rupanya juga menular lho. Hal ini terjadi ketika kamu melihat seseorang sedang menguap, tanpa sadar, tubuhmu akan ikut menguap sebagai respon dari hal tersebut. Mengenai hal tersebut, masih belum ada penjelasan ilmiah terkait ini

Tidak perlu khawatir jika kamu sering menguap saat sedang puasa. Kondisi ini adalah situasi yang wajar terjadi apalagi saat kondisi tubuh yang kekurangan nutrisi dan asupan makanan.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI