Bisa Jadi Kena Sindrom, Ini 3 Penyebab Anak Tak Mau Ditinggal di Sekolah oleh Orangtua

Ilustrasi anak tak mau ditinggal saat hari pertama sekolah. (Sumber : klikdokter)

Ada 3 hal yang biasanya menjadi penyebab anak tak mau ditinggal di sekolah pada saat hari pertamanya bersekolah, kenali anak sebelum mengantarkan ke sekolah.

INFOSEMARANG.COM - Kenali kondisi anak sebelum benar-benar mengajaknya ke sekolah, tempat baru yang akan masuk dalam kehidupan sehari-harinya.

Biasanya ada beberapa hal yang menyebabkan anak takut untuk ditinggal di sekolah baik untuk anak TK atau SD yang baru memulai sekolah. Berikut penjelasannya seperti dikutip dari klikdokter:

Separation anxiety syndrome

Yakni gangguan kecemasan berpisah yang sering dialami anak-anak yang baru mulai sekolah.

Biasanya terjadi pada anak-anak yang memiliki hubungan erat dengan orangtua. Berpisah sementara waktu akan membuat perasaan anak berat.

Gejala yang muncul yakni rewel atau menangis karena tak mau ditinggal.

Fobia sosial

Yakni takut dengan tempat atau lingkungan baru. Biasanya anak tak mau ditinggal di sekolah karena khawatir.

Kekhawatiran ini karena anak mungkin akan malu di sekolah.

Gejala yang dialami, anak semangat bersekolah. Namun begitu sampai di sekolah, ia mulai merasa ada yang tak beres dengan kondisinya.

Seperti mual, pusing dan keluhannya karena akibat cemas yang berlebihan.

Trauma

Bisa jadi menjadi penyebab anak tak mau ditinggal di sekolah. Mungkin karena pernah mengalami kejadian tak menyenangkan di sekolah yang masih ia ingat.

Mungkin traumanya tidak separah yang dibayangkan, tapi bisa jadi ini penyebab anak tak mau bersekolah. Coba lakukan pendekatan dengan anak agar tahu apa yang terjadi.

***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI