Kerap Disepelekan, Ini Cara Ampuh Mengatasi Sembelit

Ilustrasi | Cara mengatasi sembelit (Sumber : Freepik/jcomp)

INFOSEMARANG.COM -- Terkadang, masalah kesehatan yang tampak sepele seperti sembelit dapat mengganggu kenyamanan sehari-hari kita.

Sembelit, yang umumnya ditandai oleh kesulitan buang air besar, bisa menjadi pengalaman yang sangat tidak menyenangkan.

Namun, berita baiknya adalah ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini.

Baca Juga: HEBOH Akses Akun SIAPKerja Kemnaker Harus Cantumkan Nama Ibu Kandung, Warganet: Apa Urgensinya?

Dari perubahan pola makan hingga gaya hidup yang lebih sehat, berikut sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk atasi sembelit.

Konsumsi Serat: Makan makanan yang kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, dan sereal tinggi serat dapat membantu melunakkan tinja dan memperlancar pencernaan.

Minum Air Putih: Pastikan Anda minum cukup air setiap hari. Air membantu melunakkan tinja dan mencegah dehidrasi, yang bisa menyebabkan sembelit.

Olahraga Teratur: Berolahraga secara teratur dapat merangsang gerakan usus dan membantu melancarkan pencernaan. Pilih olahraga ringan seperti berjalan kaki atau senam.

Baca Juga: Viral Surat Penarikan Sumbangan SMPN 1 Ponorogo, Diduga Wali Murid Diminta Iuran Untuk Beli Mobil

Jaga Berat Badan: Pertahankan berat badan yang sehat. Orang yang kelebihan berat badan lebih rentan mengalami sembelit.

Hindari Makanan Penyebab Sembelit: Beberapa makanan dapat menyebabkan sembelit, seperti makanan berlemak tinggi, produk susu, dan makanan cepat saji. Hindari konsumsi makanan ini jika Anda cenderung mengalami sembelit.

Perhatikan Kebiasaan Buang Air Besar: Jangan menahan keinginan untuk buang air besar. Ketika Anda merasa perlu buang air besar, segeralah pergi ke toilet.

Jangan Berlama-lama di Toilet: Hindari membaca atau menggunakan ponsel di toilet untuk mencegah waktu yang terlalu lama di toilet. Waktu yang terlalu lama di toilet bisa membuat otot-otot usus lemah.

Baca Juga: Mie Gacoan Bakal Buka Di Kedungmundu? Mulai Kapan?

Konsumsi Probiotik: Probiotik adalah bakteri baik yang dapat membantu memperbaiki keseimbangan bakteri di dalam usus. Anda bisa mendapatkan probiotik dari makanan seperti yogurt atau suplemen probiotik.

Konsultasikan dengan Dokter: Jika sembelit berlanjut meskipun Anda sudah mencoba berbagai cara mengatasi di atas, segera konsultasikan dengan dokter. Ada kondisi medis tertentu yang bisa menyebabkan sembelit dan memerlukan perhatian medis. ***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI