Tak Selalu karena Depresi, Simak Alasan Seseorang Ingin Mengakhiri Hidupnya

Ilustrasi gantung diri. Bunuh diri tak selalu karena depresi. (Sumber : Freepik)

Niat seseorang mengakhiri hidupnya tak selalu karena ia sedang mengalami depresi karena banyak faktor yang menjadi penyebab orang nekat bunuh diri.

INFOSEMARANG.COM - Tak melulu karena depresi, seseorang yang ingin mengakhiri hidupnya dengan cara tidak wajar biasanya karena ada beberapa faktor.

Psikolog, Ikhsan Bella Persada, seperti dikutip dari KlikDokter menjelaskan jika orang yang berpikir untuk bunuh diri tidak selalu karena mengalami gangguan depresi.

Dalam situasi penuh tekanan atau sedang merasa sangat kecewa, bisa saja seseorang nekat mengakhiri hidupnya.

Baca Juga: Anak SD Kok Bisa Kepikiran Bunuh Diri? Simak Penyebab dan Penjelasannya

"Contohnya ketika seseorang kehilangan orang terdekat dan tersayang, mengalami kegagalan berulang kali, ditolak oleh orang lain hingga mengalami bullying," kata Ikhsan.

Ikhsan menyebutkan contoh lain seperti penderita skizofrenia yang selalu merasa diganggu dan dikejar oleh pembunuh bayaran sehingga memilih untuk mengakhiri hidupnya sendiri.

Ada pula karena adanya gangguan makan seperti anoreksia serta penyalahgunaan zat yang mengancam bisa kehilangan nyawa saat itu juga.

Kenali tanda-tanda seseorang ingin bunuh diri khususnya pada remaja, 11 Tanda Percobaan Bunuh Diri pada Anak Remaja, Waspada Nilai Anjlok dan Pola Tidur

***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI