Menstruasi Hanya Sehari, Apakah Siklus Haid Normal? Simak Penjelasan Dokter

Ilustrasi menstruasi atau haid. Normalkah siklus haid hanya sehari dan darah yang keluar hanya sedikit? (Sumber : alodokter)

Apakah haid dengan sedikit darah yang keluar dan masa menstruasi yang singkat tergolong normal? Simak penjelasan dokter.

INFOSEMARANG.COM - Apa yang harus dilakukan jika menstruasi namun hanya sebentar, ditambah darah haid yang keluar hanya sedikit. Apakah ini hal yang tidak normal?

Dokter kandungan, Keven Tali, menjelaskan jika siklus haid hanya sebentar, misalnya hanya mengalami menstruasi selama 1 hari saja, adalah tidak normal.

Normalnya, siklus menstruasi antara 2-8 hari. Selain itu, ditandai dengan seberapa banyak darah yang keluar. Biasanya darah keluar banyak pada hari pertama, kedua atau ketiga.

Baca Juga: Bisa Hilang Kok! Tips Jitu Hilangkan Noda Haid yang Telanjur Mengering, Jangan Pakai Air Panas

Setidaknya, seseorang yang menstruasinya normal bisa menggunakan 2-3 pembalut dalam sehari karena volume darah yang dikeluarkan.

Jika darah yang keluar seperti flek, maka sebaiknya segera periksa ke dokter kandungan. Biasanya akan dilakukan pemeriksaan USG untuk mengetahui penyebabnya.

Bisa jadi karena hormon atau penyebab lainnya seperti kista. Sebaiknya periksa ke dokter untuk penjelasan lebih lanjut.

***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI