8 Mitos tentang Hamil Anak Laki-laki: Wajah Bumil Kusam, Tak Suka Makeup hingga Morning Sickness

Ibu hamil wajib tahu cara membaca singkatan dan istilah pada foto hasil USG kehamilan yang didapat dari dokter kandungan. (Sumber : Freepik)

Ada mitos tentang hamil anak laki-laki, seperti benarkah wajah sang ibu terlihat kusam menjadi tandanya? Simak penjelasan dokter kandungan.

INFOSEMARANG.COM - Cara tepat untuk mengetahui jenis kelamin anak adalah dengan melakukan USG, bukan dilihat dari bentuk perut atau pun warna urine dan cerahnya wajah si ibu hamil.

Dokter kandungan, Keven Tali, menjelaskan sejumlah mitos yang sering dikaitkan dengan hamil anak laki-laki. Bahkan mitos ini masih menjadi acuan para ibu hamil hingga saat ini.

Baca Juga: Mitos atau Fakta Sering Minum Air Kelapa saat Hamil Bikin Janin Putih Bersih?

8 mitos hamil anak laki-laki

Perut maju ke depan

Mitos karena bentuk perut tidak menentukan jenis kelamin bayi di dalam kandungan. Perut yang menonjol ke depan karena posisi janin sedang menghadap ke depan. Sementara jika janin melintang maka akan membuat perut melebar ke samping.

Garis hitam di perut

Biasa disebut sebagai linea nigra, tidak hanya muncul ketika hamil anak laki-laki namun juga anak perempuan. Pada dasarnya setiap perempuan yang hamil, di perutnya akan muncul garis kehitaman dan akan hilang setelah melahirkan.

Detak jantung cepat

Baik anak laki-laki maupun anak perempuan memiliki detak jantung normal yang sama yakni antara 110-160. Detak jantung cepat bukan berarti janin berjenis kelamin laki-laki dan sebaliknya.

Gerakan janin kuat

Mitos karena setiap janin memiliki gerakan yang sama, yakni 10 kali gerakan dalam 2 jam jika dalam kondisi normal. Jika kurang dari itu, maka segera periksa ke dokter.

Jarang morning sicknes atau mual

Ini adalah hal yang normal terjadi pada ibu hamil di trimester pertama, tak mempengaruhi jenis kelamin janin. Ada juga hamil kebo, yang membuat ibu hamil tidak merasakan apa pun selama hamil, itu juga tidak menjadi acuan utnuk menentukan jenis kelamin bayi.

Urin pekat

Salah besar, urin pekat berarti si ibu hamil kekurangan cairan. Sebaiknya perbanyak minum air putih jika mengalami hal ini saat hamil.

Tak suka makeup atau dandan

Tidak benar, karena setiap perempuan berhak tampil cantik saat hamil. Tidak ada pengaruh dari hormon kehamilan.

Ngidam

Baik akan memiliki anak laki-laki atau perempuan, ibu hamil bisa merasakan ngidam atau tidak. Karena ngidam dipengaruhi oleh hormon.

***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI