Waduh, Ternyata 5 Makanan Ini Harus Dihindari Saat Menstruasi, Bisa Bikin Perut Tambah Sakit?

Ilustrasi | Keram perut saat menstruasi (Sumber : Freepik/jcomp)

INFOSEMARANG.COM -- Apakah Anda termasuk yang merasakan sakit perut saat dalam masa menstruasi?

Tahukah Anda ternyata sejumlah jenis makanan juga memengaruhi kondisi sakit perut tersebut bahkan dapat membuatnya menjadi semakin parah jika dikonsumsi saat sedang menstruasi.

Meski memiliki cita rasa yang nikmat dan menggugah selera, namun makanan-makanan berikut ternyata malah bisa memperparah kondisi sakit perut Anda saat menstruasi.

Baca Juga: Erick Thohir Bocorkan Bakal Naturalisasi Dua Pemain Lagi, Siapa?

Apa saja? Berikut daftarnya untuk Anda.

1. Makanan pedas

Saat sedang menstruasi usahakan untuk menghindari konsumsi makanan pedas. Hal ini karena makanan pedas dapat menyebabkan sakit perut atau diare saat menstruasi.

2. Daging merah

Mengonsumsi daging merah juga tidak disarankan saat masa menstruasi. Hal ini karena daging merah mengandung prostaglandin.

Baca Juga: 7 Menu Sarapan Supaya Bisa Hidup Panjang Umur, Ubah Menu Makanmu Sekarang!

Saat menstruasi, tubuh juga akan memproduksi hormon prostaglandin yang biasanya membuat kontraksi rahim. Jika hormon prostaglandin dalam tubuh meningkat dalam jumlah yang banyak diketahui dapat menyebabkan keram perut sehingga sebaiknya hindarilah untuk mengonsumsi daging merah saat menstruasi.

3. Minuman tinggi kafein

Yang termasuk minuman tinggi kafein antara lain kopi, minuman soda, cokelat dan teh. Makanan dan minuman dengan kafein tinggi ini bisa menambah nyeri payudara hingga meningkatkan risiko masalah lambung.

Baca Juga: Komentar Kocak Warganet Setelah Viral Awan Hujan Melingkar Menghindari Yogyakarta, Bawa Soal UMR Rendah Hingga Proyek Jalan Tol

4. Produk olahan susu

Produk olahan susu diketahui mengandung Asam Arakidonat yang dapat memicu keram perut saat menstruasi.

5. Makanan tinggi garam

Pasalnya, makanan dengan cita rasa gurih dan asin yang kuat dapat menyebabkan retensi air dalam tubuh sehingga menyebabkan perut kembung.

***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI