Penyebab Diabetes yang Wajib Diwaspadai, Salah Satunya Gula Tersembunyi Pada Makanan

Ilustrasi diabetes (Sumber : Pexels)

INFOSEMARANG.COM - Diabetes dikutip dari Alodokter adalah penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. Akan tetapi, pada penderita diabetes, glukosa tersebut tidak dapat digunakan oleh tubuh.

Penyebab diabetes dapat dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Diabetes tipe 1

Diabetes tipe 1 adalah jenis diabetes yang disebabkan oleh kerusakan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin. Sel-sel pankreas ini diserang oleh sistem kekebalan tubuh sendiri. Akibatnya, tubuh tidak dapat memproduksi insulin, atau hanya memproduksi dalam jumlah yang sangat sedikit.

Penyebab pasti kerusakan sel-sel pankreas pada diabetes tipe 1 masih belum diketahui. Namun, diduga faktor genetik dan lingkungan berperan dalam terjadinya penyakit ini.

Baca Juga: Muncul ke Publik! Anggota BEM FMIPA UNY Bantah Jadi Pelaku Pelecehan, Warganet: Kakinya Gemeter

  • Diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 adalah jenis diabetes yang paling umum terjadi. Jenis diabetes ini disebabkan oleh kombinasi dari faktor genetik dan gaya hidup.

Faktor genetik berperan dalam menentukan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Orang yang memiliki faktor genetik tertentu lebih rentan untuk mengalami diabetes tipe 2.

Gaya hidup yang tidak sehat, seperti obesitas, kurang olahraga, dan pola makan tidak sehat, juga merupakan faktor risiko terjadinya diabetes tipe 2.

Berikut adalah beberapa faktor gaya hidup yang dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2:

  • Obesitas

Obesitas adalah faktor risiko utama diabetes tipe 2. Orang yang obesitas memiliki lebih banyak lemak tubuh, yang dapat menyebabkan resistensi insulin.

  • Kurang olahraga

Olahraga membantu tubuh membakar glukosa dan meningkatkan sensitivitas insulin. Orang yang kurang olahraga berisiko lebih tinggi untuk mengalami diabetes tipe 2.

Baca Juga: Beredar Video Lawas Pernyataan Sombong Promotor Konser BMTH: Kapan Lagi Liat Band yang Acak-acak Meja Coldplay!

  • Pola makan tidak sehat

Pola makan yang tinggi gula, lemak jenuh, dan lemak trans dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Apalagi, beberapa orang kurang menyadari bahwa terdapatnya gula tesembunyi dalam sejumlah makanan.

  • Faktor usia

Risiko diabetes tipe 2 meningkat seiring bertambahnya usia. Orang yang berusia di atas 45 tahun berisiko lebih tinggi untuk mengalami penyakit ini.

  • Faktor keturunan

Jika Anda memiliki keluarga dengan riwayat diabetes, Anda berisiko lebih tinggi untuk mengalami penyakit ini.

  • Faktor ras dan etnis

Orang dari ras dan etnis tertentu, seperti Afrika-Amerika, Hispanik, dan Asia-Amerika, berisiko lebih tinggi untuk mengalami diabetes tipe 2.

Baca Juga: Klarifikasi Oliver Sykes Soal Konser BMTH Hari Kedua Dibatalkan dan Konser Hari Pertama Mendadak Dihentikan

Cara mencegah diabetes

Cara terbaik untuk mencegah diabetes adalah dengan menjaga gaya hidup yang sehat. Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah diabetes:

  • Menjaga berat badan ideal

Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, lakukan upaya untuk menurunkan berat badan.

  • Olahraga secara teratur

Lakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari.

  • Mengontrol kolesterol

Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Jika Anda memiliki faktor risiko diabetes, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI