Mitos atau Fakta Minum Es saat Hamil Bisa Bikin Bayi Besar dan Pendarahan, Simak Penjelasan Dokter

Ilustrasi ibu hamil. Mitos atau fakta minum es bisa membuat pendarahan hingga bayi jadi besar? (Sumber : Siloam Hospitals)

Ibu hamil, betulkan mengonsumsi minuman es saat hamil bisa berakibat pendarahan? Simak penjelasan selengkapnya dari dokter kandungan, Keven Tali.

INFOSEMARANG.COM - Mitos atau fakta sering minum es saat sedang hamil bisa menyebabkan pendarahan? Dokter kandungan, Keven Tali, menjelaskan kaitan minuman dingin dengan janin di dalam kandungan.

"Ibu hamil boleh makan dan minum apa saja saat hamil, terutama makanan matang dan hindari dulu makanan mentah," kata Keven pada video singkatnya, Senin 13 November 2023.

Keven juga menganjurkan ibu hamil tetap selektif memilih jenis minuman agar tidak membahayakan janin di dalam kandungan.

Baca Juga: Mitos atau Fakta Sering Minum Air Kelapa saat Hamil Bikin Janin Putih Bersih?

"Untuk minuman, sebaiknya ibu hamil menghindari minuman bersoda dan minuman yang merangsang asam lambung," terangnya.

Soal minuman dingin atau menggunakan es, menurut Keven tidak menjadi masalah untuk ibu hamil. Namun tetap tergantung pada kondisi kesehatan ibu hamil.

"Boleh minum yang dingin, asal jangan yang manis-manis. Usahakan tidak terlalu sering," kata Keven.

Ia menjelaskan jika terlalu sering minum minuman dingin akan menyebabkan bayi menjadi besar meski tidak akan berakibat hingga pendarahan.

Namun bila memang terjadi pendarahan, segera periksa ke dokter kandungan untuk segera mendapat penanganan.

***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI