Erick Thohir Percepat Naturalisasi 4 Pemain untuk Piala Asia 2023, Justin Hubner Menunggu Kepres dan Sumpah WNI

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengungkap perkembangan naturalisasi Justin Quincy Hubner mencapai tahap akhir. (Sumber : Instagram/ justinhubner5)

INFOSEMARANG.COM -- Calon pemain naturalisasi, Justin Hubner, melangkah lebih dekat menuju penyelesaian proses naturalisasi.

Saat ini, ia hanya menunggu restu dari Presiden Jokowi untuk menyelesaikan langkah terakhir dalam proses naturalisasi tersebut.

Justin Hubner merupakan satu dari empat pemain yang akan mengalami naturalisasi dalam waktu dekat.

Baca Juga: Kejam! dr Qory Hamil 6 Bulan Dianiaya Gara-Gara Matikan TV! Padahal Ingin Beri Kejutan Ulang Tahun

Sebagai bek Wolves U-21, ia dapat segera memperkuat Timnas Indonesia setelah mendapatkan restu dari Presiden Jokowi dan mengambil sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Proses sejauh ini berjalan cepat dan tinggal menunggu Presiden Jokowi mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres).

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, optimis bahwa dalam satu minggu ke depan, Keppres akan diterbitkan.

“Proses Justin Hubner sedang didorong ke Pak Presiden, kalau bisa Pak Presiden mengeluarkan surat dalam satu minggu ini,” kata Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Justin Hubner memang lebih maju dalam proses naturalisasi dibandingkan tiga calon pemain lainnya, yaitu Jay Idzez, Nathan Tjoe-A-On, dan Ragnar Oratmangoen.

Baca Juga: "My Demon" Drakor Romantis Komedi Terbaru di Netflix: Dibintangi Song Kang dan Kim Yoo Jung, Simak Sinopsis dan Jadwalnya!

Proses Jay Idzez dan Nathan Tjoe-A-On masih berada di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), sementara Ragnar Oratmangoen masih dalam tahap pengenalan kepada Erick Thohir.

"Lalu untuk Nathan sama Jay sudah ada di Kemenkumham, kita lagi tunggu prosesnya. Mudah-mudahan target 10 Desember kita bisa kejar gitu. Ragnar Oratmangoen juga kita coba dorong," tambahnya.

Keempat pemain ini diharapkan dapat bergabung dengan Timnas Indonesia untuk turut berkompetisi dalam Piala Asia 2023 di Qatar pada 12 Januari - 10 Februari 2024.

Timnas Indonesia tergabung dalam grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam.

Baca Juga: Lulusan SMA Bisa Daftar Pendamping Lokal Desa 2023, Dibuka 22-26 November di Link Ini

Profil Justin Hubner

Justin Quincy Hubner, lahir pada 14 Agustus 2003 di s-Hertogenbosch, Belanda, merupakan pemain sepak bola profesional yang bermain sebagai bek untuk klub Liga Premier Inggris Divisi 2 Wolverhampton Wanderers U-21.

Ibu Hubner berasal dari Belanda, sementara ayahnya adalah orang Indonesia. Mereka pernah tinggal di Jakarta dan Makassar, dan neneknya berasal dari Bandung.

Hubner, yang lahir di 's-Hertogenbosch, memiliki pengalaman bermain di tim yunior Willem II dan Brabant United, serta untuk klub kampung halamannya FC Den Bosch.

Sebagai pemain muda, Hubner bergabung dengan akademi muda tim lapis kedua di FC Den Bosch.

Pada Februari 2020, ia pindah ke Wolverhampton Wanderers dari FC Den Bosch, di mana klub barunya menyatakan akan memasukkan Hubner ke akademi mereka.

Pada tanggal 1 Februari 2023, klub mengumumkan bahwa Hubner telah menandatangani kontrak baru berdurasi dua setengah tahun yang akan menahannya di Wolves hingga Juni 2025.

Baca Juga: El Rumi Menang Tipis Lawan Jefri Nichol di Superstar Knockout, Ahmad Dhani Sebut El Bisa Menang TKO Jika Ronde Berlanjut

Selain itu, Hubner telah aktif bergabung dengan skuat Indonesia untuk pemusatan latihan di Turki pada November 2022.

Di Turki dia menyatakan keinginannya bergabung dengan tim nasional Indonesia.

"Saya sangat senang memiliki kesempatan untuk bermain dengan teman-teman saya. Saya berharap dapat mengharumkan nama Indonesia."

Pada 17 November 2022, ia bermain untuk Indonesia U-20 melawan Prancis U-20 dalam pertandingan persahabatan di Spanyol. Dia juga bermain melawan Slovakia U-20 dua hari kemudian.

Selain mewakili tim nasional sepak bola Indonesia, Hubner juga memiliki pengalaman bermain untuk tim nasional sepak bola Belanda U-19.

Pada 25 Maret 2023, dia bermain untuk Belanda U-20 dalam pertandingan persahabatan melawan Prancis U-20.

Dengan perkembangan positif ini, diharapkan keempat pemain naturalisasi ini dapat memberikan kontribusi signifikan bagi Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 mendatang.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI