Peringkat FIFA Indonesia, Malaysia, dan Vietnam Setelah Dua Laga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pantau perubahan peringkat FIFA Timnas ASEAN pasca-dua pertandingan awal kualifikasi Piala Dunia 2026. (Sumber : PSSI)

INFOSEMARANG.COM -- Setelah dua pertandingan awal dalam babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua, peringkat FIFA negara-negara ASEAN mengalami perubahan signifikan.

Timnas Indonesia di bawah pimpinan Shin Tae-yong meraih hasil kurang memuaskan dengan kekalahan 1-5 di markas Irak pada matchday pertama Grup F pekan lalu.

Performa yang tidak membaik terus berlanjut di markas Filipina pada matchday kedua, di mana, di luar ekspektasi, Timnas Indonesia hanya mampu bermain imbang 1-1 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa, 21 November 2023.

Sebelum menghadapi Irak dan Filipina, peringkat FIFA Indonesia berada di posisi ke-145 dengan total 1.069,82 poin.

Baca Juga: Heboh Tengkorak Mayat Pria di Halaman Rumah Kosong Candisari, Ada Tasbih di Tangannya

Kekalahan dari Irak menyebabkan pengurangan poin sebanyak 6,37, sementara hasil imbang melawan Filipina memberikan tambahan poin sebesar 0,56.

Dengan demikian, setelah dua pertandingan di jeda internasional November ini, Indonesia mengalami pengurangan total 5,81 poin.

Saat ini, total poin tim Garuda menjadi 1.064,01, dan posisi mereka dalam peringkat FIFA edisi November 2023 tetap berada di urutan ke-145.

Berbeda dengan Indonesia, Malaysia tampil impresif dengan meraih dua kemenangan pada dua laga awal babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran kedua.

Harimau Malaya mengalahkan Kirgiztan 4-3 dan Chinese Taipei 1-0.

Performa gemilang ini memberikan dampak positif terhadap posisi Malaysia dalam peringkat FIFA.

Baca Juga: Kemenlu Ungkap Tiga Relawan MER-C di RS Indonesia Gaza dalam Keadaan Aman

Setelah mengalahkan Kirgiztan, Malaysia mendapatkan tambahan 15,49 poin. Kemudian, kemenangan atas Chinese Taipei menambah poin sebesar 10,66.

Dampak dari hasil tersebut membuat peringkat Malaysia naik signifikan dari posisi ke-137 menjadi ke-129 dengan total 1.122,87 poin dalam peringkat FIFA terbaru.

Vietnam, meski kalah dari Irak 0-1 dalam laga kandang di Grup F, grup yang sama dengan Timnas Indonesia, tetap menjadi negara ASEAN tertinggi dalam peringkat FIFA.

Meski kekalahan ini membuat Vietnam turun dua peringkat ke posisi 96, dengan total 1.235,58 poin.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI