Ragnar Oratmangoen Blak-Blakan dengan Media Belanda Soal Proses Naturalisasinya, Ternyata Sebelum Erick Thohir....

Galuh Prakasa
Selasa 12 Desember 2023, 14:50 WIB
Pernyataan Ragnar Oratmangoen pada media Belanda soal proses naturalisasi. (Sumber : Instagram/0ratmangoen)

Pernyataan Ragnar Oratmangoen pada media Belanda soal proses naturalisasi. (Sumber : Instagram/0ratmangoen)

INFOSEMARANG.COM -- Ragnar Oratmangoen, yang sedang menjalani status pinjaman dari FC Groningen di Fortuna Sittard, berada dalam proses naturalisasi untuk menjadi bagian dari Timnas Indonesia.

Proses naturalisasi saat ini tengah dibahas di DPR RI dan diperkirakan akan selesai pada awal tahun 2024.

Gelandang serang ini, yang saat ini bermain untuk klub yang menduduki peringkat kesembilan di klasemen Eredivise Belanda, memiliki darah Indonesia dari garis keturunan ayahnya, dengan kakek-nenek berasal dari Maluku.

Baca Juga: Jadwal Hari Pertama BWF World Tour Finals 2023: Derbi Fajar/Rian vs Bagas/Fikri

Proses naturalisasi Ragnar sempat mengalami kendala maju-mundur, seperti yang diungkapkannya dalam wawancara dengan media Belanda, Leeuwarder Courant.

Menariknya, sebelum bertemu dengan Ketum PSSI Erick Thohir selama Piala Dunia U-17, PSSI sudah mengajukan pertanyaan serupa kepada Ragnar dua tahun sebelumnya.

"Dua tahun lalu saya bertemu dengan seseorang di Belanda yang sedang mencari pemain di seluruh dunia yang berkewarganegaraan Indonesia atau keturunan Indonesia. Dia bertanya apakah saya terbuka untuk dinaturalisasi dengan tujuan bergabung dengan tim nasional," ujarnya.

Meskipun menyatakan keinginan bergabung, tidak ada tindak lanjut pada saat itu.

"Saya pikir itu akan menyenangkan, tetapi saya tidak pernah berpikir akan menjadi seperti ini. Keinginannya ada, realisasinya tidak. Saya juga tidak mendengar kabar darinya untuk waktu yang lama setelah itu," tambahnya.

Baca Juga: Gratis! 4 Link Live Streaming Debat Capres 2024 Perdana 12 Desember 2023, Tiap Kandidat Bakal Dicecar 18 Pertanyaan

Tahun berlalu, namanya muncul kembali ketika Jay Idzes dinaturalisasi, dan Ragnar dihubungi kembali.

"Saya dengar dari Jay bahwa nama saya disebut-sebut. Saya kemudian berbicara dengan 'penghubung' itu lagi. Selama ini dia tidak terdengar kabarnya, karena dia sibuk di latar belakang mengatur segala macam hal. Banyak hal terjadi dengan sangat cepat setelah itu," tambahnya.

Orangtua Ragnar terkejut dan bahagia mendengar kabar tersebut, mengingat proses naturalisasi yang berlangsung begitu cepat.

Ayahnya, yang sudah lama tidak memiliki kewarganegaraan, merasa bangga bahwa anaknya akan menjadi bagian dari Timnas Indonesia.

"Orang tua saya senang tapi ibu saya terkejut dengan kabar itu (naturalisasi). Sebab prosesnya bisa dengan cepat," ujarnya.

Baca Juga: Kebangetan! Ternyata Pasangan Mesum Mahasiswa Unand Sudah Lakukan Hubungan Intim di 5 Masjid Berbeda

Profil Ragnar Oratmangoen

Ragnar Oratmangoen (lahir 21 Januari 1998) adalah pemain sepak bola profesional asal Belanda yang berposisi sebagai winger atau gelandang serang untuk klub Eredivisie, Fortuna Sittard, yang saat ini dipinjamkan dari Groningen.

Oratmangoen, yang lahir di Oss, mulai berkarier profesional bersama NEC pada April 2016. Pada Desember 2017, ia menandatangani kontrak pinjaman enam bulan dengan FC Oss, efektif mulai Januari 2018.

Setelah Oratmangoen turun ke tim cadangan Jong NEC akibat persaingan sengit di posisinya menjelang musim 2019–20, ia pindah ke SC Cambuur dengan status bebas transfer pada 24 Juli 2019.

Di sana, ia menandatangani kontrak dua tahun dengan opsi perpanjangan untuk musim lainnya. Kemudian, pada Mei 2021, ia bergabung dengan Go Ahead Eagles, yang juga berhasil promosi ke Eredivisie.

Pada 15 April 2022, Oratmangoen menandatangani kontrak tiga tahun dengan opsi dua tahun bersama Groningen, mulai musim 2022–23. Pada 1 September 2023, Oratmangoen dipinjamkan ke Fortuna Sittard, dengan opsi untuk dibeli.

Baca Juga: Panser Biru Galang Dukungan Lewat Petisi Change.org Tolak Hukuman PSIS Semarang Tanpa Penonton Hingga Akhir Musim

Statistik Karier

Sejak bermain pada 2017 hingga 10 Desember 2023, Oratmangoen telah mencatatkan penampilan sebanyak 170 kali dengan mencetak 17 gol.

Di Fortuna Sittard, klub Eredivisie, Oratmangoen telah bermain dalam 10 pertandingan liga dan satu pertandingan di KNVB Cup.

Fortuna Sittard saat ini menempati peringkat ke-9 dalam klasemen Eredivisie dengan mengumpulkan 19 poin dari 15 pertandingan.

Masa tersuburnya saat bermain di Cambuur dari 2019 hingga 2021, klub yang bermain di Eerste Divisie. Di sana Oratmangoen mencatatkan 12 gol dalam 47 penampilan.***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Umum05 Oktober 2024, 12:45 WIB

Kesiapan Venue Ajang Peparnas XVII di Solo Dicek Kesiapannya, Besok Dibuka Presiden

Pembukaan resmi Peparnas XVII akan digelar di Stadion Manahan Solo, Minggu, 6 Oktober 2024.


Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengecek kesiapan akhir venue  Perparnas XVII Solo.
 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Semarang Raya04 Oktober 2024, 21:01 WIB

Pemkot Semarang Buka Seleksi 2.654 Formasi PPPK

Dalam keputusan tersebut, alokasi formasi sebanyak 2.654 posisi disediakan untuk mengisi jabatan fungsional dan jabatan pelaksana di lingkungan Pemerintah Kota Semarang.
Pemkot Semarang menetapkan PPPK untuk Tahun Anggaran 2024. (Sumber:  | Foto: Dok)
Semarang Raya04 Oktober 2024, 20:57 WIB

“Symphony Lawang Sewu 2024" Hadirkan Kla Project dan Ruth Sahanaya

Symphony Lawang Sewu ini menjadi selebrasi pertunjukan musik baru di kota Semarang bagi kalangan usia menengah keatas dalam bernostalgia.
Jumpa pers Symphony Lawang Sewu 2024. (Sumber:  | Foto: Dok)
Pendidikan04 Oktober 2024, 11:54 WIB

Jawab Tantangan Limbah Mikroplastik, Dosen FTP SCU Semarang Raih Penghargaan di Forum Ilmuan Internasional

IUFoST sendiri merupakan organisasi beranggotakan negara-negara yang memiliki asosiasi profesi ahli teknologi pangan.
Dosen FTP SCU Semarang Dyah Wulandari, Ph.D. (Sumber:  | Foto: Sakti)
Bisnis04 Oktober 2024, 11:40 WIB

Ikapesta Kembali Gelar Wedding Expo 2024 di PRPP Semarang, Catat Tanggalnya

Wedding expo terbesar di Kota Semarang ini akan berlangsung selama tiga hari berturut-turut pada Kamis 11 Oktober 2024 hingga Minggu 13 Oktober 2024.


Panitia penyelenggara Ikapesta di depan pintu gerbang PRPP Semarang, sebagai tempat penyelenggaraan acara.
 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Umum03 Oktober 2024, 17:25 WIB

Nana Sudjana Ajak Mahasiswa Berpartisipasi Aktif dalam Pilkada 2024

Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana meminta kepada para mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam perhelatan Pilkada serentak 2024.
Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana  saat menjadi keynote speech pada acara Seminar Kebangsaan di Undip. (Sumber:  | Foto: dok Humas Jateng.)
Semarang Raya03 Oktober 2024, 17:16 WIB

Keren, Kota Semarang Berhasil Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional

Kota Semarang kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan meraih Penghargaan Sekolah Adiwiyata dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK).

Kota Semarang meraih Penghargaan Sekolah Adiwiyata. (Sumber:  | Foto: dok)
Semarang Raya03 Oktober 2024, 17:12 WIB

Banyak Keluhan Warga Terkait "Cumi-cumi Darat", Yoyok Sukawi Buktikan Sendiri Saat Naik BRT

Banyak warga yang menyebutnya cumi-cumi darat, karena BRT Trans Semarang saat ini banyak yang kondisinya tak terawat dan mengeluarkan asap hitam saat melaju di jalanan.
Yoyok Sukawi menjajal pelayanan Bus Rapid Trans (BRT), Kamis 3 Oktober 2024.
Semarang Raya03 Oktober 2024, 16:33 WIB

Banyak Keluhan Warga Terkait "Cumi-cumi Darat", Yoyok Sukawi Buktikan Sendiri Saat Naik BRT

Banyak warga yang menyebutnya cumi-cumi darat, karena BRT Trans Semarang saat ini banyak yang kondisinya tak terawat dan mengeluarkan asap hitam saat melaju di jalanan.
Yoyok Sukawi menjajal pelayanan Bus Rapid Trans (BRT), Kamis 3 Oktober 2024.  (Sumber:  | Foto: Sakti)
Bisnis03 Oktober 2024, 07:01 WIB

Paramount Land Gelar Pameran di Ajang ‘Amazing Gading Serpong’ Property Expo 2024, Hadirkan Beragam Promo Menarik

Paramount Land menggelar pameran properti bertajuk ‘Amazing Gading Serpong Property Expo 2024’ pada 2-7 Oktober 2024 di West Atrium Living World Alam Sutera, Tangerang.
Paramount Land menggelar pameran properti bertajuk ‘Amazing Gading Serpong Property Expo 2024’. (Sumber:  | Foto: Sakti)