Sudah Jalani Sumpah Kewarganegaraan, Jay Idzes Gagal Debut di Piala Asia Qatar 2023: Peluang di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Jay Idzes jalani sumpah kewarganegaraan Indonesia pada Kamis, 28 Desember 2023. (Sumber : PSSI)

INFOSEMARANG.COM -- Pemain Timnas Indonesia, Jay Idzes, dipastikan absen di Piala Asia Qatar 2023 pada bulan Januari mendatang.

Kepastian ini disampaikan oleh Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Endri Erawan, yang mendampingi Jay Idzes saat melakukan sumpah janji kewarganegarannya.

"Sayangnya, Jay tidak dapat berpartisipasi di Piala Asia, meskipun namanya sudah masuk dalam 50 pemain yang dipilih oleh Shin Tae-yong," ungkap Endri dalam konferensi pers di Kanwil Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Kamis, 28 Desember 2023.

Baca Juga: Hitungan Hari Jadwal Pengambilan Sumpah WNI Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On

Endri menjelaskan bahwa kesempatan Jay untuk bergabung terhenti karena proses administrasi AFC (Konfederasi Sepak Bola Asia) telah ditutup.

"Pendaftaran sudah ditutup oleh AFC. Sehingga kesempatan Jay Idzes untuk bermain di Piala Asia tertutup," tambahnya.

Meskipun demikian, Endri optimis bahwa Jay dapat bermain dalam kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran kedua. Selain Jay, pemain lain juga akan segera diresmikan sebagai WNI.

"Pada bulan Maret mendatang, kita akan menghadapi kualifikasi Piala Dunia melawan Vietnam dan tiga pertandingan lainnya, satu di antaranya tandang. Kami masih mempertimbangkan apakah akan menambah satu atau dua pemain pada bulan Januari," jelas CEO klub Mitra Kukar itu.

Jay Idzes sendiri mengungkapkan bahwa ia tidak dapat berpartisipasi di Piala Asia karena masih dalam tahap pemulihan dari cedera. Namun, ia berharap dapat segera bergabung dan membuat debut bersama Timnas Indonesia.

Baca Juga: Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, dan Ragnar Oratmangoen Gagal Perkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

"Pertama-tama, saya harus pulih dari cedera secara personal. Saya berharap bisa segera bergabung dengan timnas pada periode berikutnya," ujar Jay dalam kesempatan yang sama.

Jay Idzes, seorang pesepakbola berdarah Indonesia-Belanda, lahir di Mierlo, Belanda, pada 2 Juni 2000. Saat ini, Jay bermain untuk Venezia FC di Liga Serie B Italia sejak 1 Juli 2023 dengan kontrak hingga 30 Juni 2027.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI