Graha Padma Walikota Cup 2024 di Semarang Diikuti 826 Atlet Muda dari Seluruh Tanah Air

Graha Padma Walikota Cup 2024 di Semarang. (Sumber: | Foto: dok )

SEMARANG, INFOSEMARANG.COM- Persaingan para talenta pebulutangkis muda dalam perebutan gelar juara Graha Padma Walikota Cup 2024 makin meruncing. Memasuki hari kelima kejuaraan atau semifinal pada Jumat 14 Juni 2024, para atlet kelompok usia pembinaan yaitu U11 (usia dini), U13 (anak-anak), dan U15 (pemula), saling berjuang di 11 nomor pertandingan demi menjaga asa meraih podium juara.

Graha Padma Walikota Cup 2024 merupakan kejuaraan swasta nasional yang masuk dalam kalender PBSI dan mendapatkan peringkat poin nasional. GOR Graha Padma, Semarang, menjadi lokasi jatuh bangunnya para calon bintang bulutangkis masa depan meraih kemenangan demi mengamankan tiket ke partai final yang digelar Sabtu 15 Juni 2024.

Dalam pertandingan yang dimulai sejak siang, sejumlah atlet yang menjadi unggulan mampu mendominasi. Bahkan ‘perang saudara’ yang mempertandingkan sesama pemain klub juga tak terhindarkan di babak semifinal ini, mulai dari PB Djarum, Jaya Raya Satria, Exist Badminton Club, dan Mutiara Cardinal.

Pertarungan sesama pemain klub Jaya Raya Satria terjadi di kategori Usia Dini Putri (UDPI), yaitu unggulan teratas Maura Wahyu Keisha Maharani dengan unggulan kelima Angelice Luigi Nathaniela. Maura sukses melaju ke partai puncak berkat kemenangan tiga gim 17-21, 21-16, 21-18.

"Kunci kemenangan saya adalah bermain tenang, ndak usah buru-buru. Soalnya di gim pertama itu saya seperti penasaran, eh malah kalah. Gim kedua dan ketiga yang penting main sabar dan jangan mau didikte permainan lawan," jelas Maura.

11 Wakil PB Djarum Melaju ke Final

Hasil memuaskan diraih klub asal Kota Kudus, PB Djarum. Dari 15 wakilnya yang bertanding di semifinal, sebanyak 11 di antaranya berhasil meraih kemenangan sekaligus memastikan diri melaju ke partai final.

Salah satunya di kategori Tunggal Anak Putri (TAPI) yang mempertemukan sesama wakil PB Djarum, dimenangkan oleh unggulan kedua Jordana Alexa Mongkareng. Ia berhasil menang straight game 21-5, 21-15 dalam tempo 21 menit, atas Nafla Berly Syakira Al Habsy yang menempati unggulan ketiga.

"Pada dasarnya saya bermain seperti biasa saja. Sejak awal gim lawan saya banyak bikin kesalahan sendiri. Jadi setelah interval, saya berupaya jaga jarak poin lebih jauh. Di gim kedua, lawan mengubah pola permainan dan temponya dipercepat, makanya jadi kejar-kejaran poin. Puji Tuhan, saya bisa meraih kemenangan" papar Jordana.

Selain Jordana, atlet PB Djarum lainnya yang berhasil maju ke final adalah unggulan teratas pasangan Oka Faiq Januar/Nur Hafidzah Afifah yang bermain di kategori Ganda Pemula Campuran (GPC). Mereka berhasil mengalahkan unggulan ketiga Rizky Caesar Ramadhan/Aqelatul Amaliayah Rahma dengan skor 21-18, 18-21, 21-16.

"Pertandingan semifinal ini memang ketat, belum lagi pertahanan mereka sangat solid. ketika kita membuat kesalahan, Rizky/Aqela bisa dengan cepat langsung merebut poin dari kita. Untungnya kita lebih tahan ketimbang mereka dan bisa mengambil kemenangan di semifinal ini," kata Nur Hafidzah.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Graha Padma Walikota Cup Yuni Kartika menjelaskan kejuaraan ini difokuskan pada kategori U11, U13 dan U15 karena merupakan tiga kategori utama dalam pembinaan dan pembibitan awal atlet bulutangkis. Diharapkan dari kejuaraan ini akan muncul bibit-bibit pebulutangkis juara yang dapat menjadi andalan Indonesia di masa depan.

“Ketiga kategori ini menjadi pilar utama pembinaan bulutangkis di Indonesia. Kemudian kejuaraan ini juga masuk dalam kalender PBSI. Jadi kalau melihat jumlah peserta, meski hanya tiga kategori tapi jumlah pesertanya sangat banyak, hampir mencapai seribu. Ini artinya proses pembinaan di indonesia berjalan cukup baik saat ini,” terang Yuni Kartika yang juga menjabat Wakil Ketua I PBSI Jawa Tengah.

Lebih lanjut Yuni juga menyoroti persaingan ketat dan kompetitif berhasil tersaji dalam kejuaraan yang total diikuti oleh sebanyak 826 atlet dari berbagai klub di Indonesia ini. Ia mengatakan hal tersebut menjadi indikasi bahwa pembinaan di tingkat klub terhadap atlet-atlet belia juga berjalan dengan baik.

“Keragaman jumlah peserta juga merata di setiap kategori. Tidak ada yang terlalu sedikit, semuanya sesuai proporsi. Meskipun jumlah putri pasti lebih sedikit, namun masih wajar. Selain itu juga banyak pemain yang main rangkap. Ini juga menggembirakan karena di usia awal, mereka sebaiknya tidak hanya fokus pada satu nomor saja,” jelas Yuni.

Dari 826 atlet yang bertanding pada kejuaraan yang berlangsung pada 10-15 Juni ini, terdiri dari 167 atlet Tunggal Anak Putra (TAPA), 143 atlet Tunggal Pemula Putra (TPA), 164 atlet Usia Dini Putra (UDPA), 90 atlet Tunggal Anak Putri (TAPI), 71 atlet Tunggal Pemula Putri (TPI), 64 atlet Usia Dini Putri (UDPI), 57 atlet Ganda Pemula Campuran (GPC), 69 atlet Ganda Anak Putra (GAPA), 92 atlet Ganda Pemula Putra (GPA), 29 atlet Ganda Anak Putri (GAPI), 48 atlet Ganda Pemula Putri (GPI).

Graha Padma Walikota Cup masih menyisakan partai final yang akan berlangsung Sabtu 15 Juni 2024 di GOR Graha Padma Semarang. ***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI