Mengapa Cabor Sepak Bola SEA Games Hanya Menggunakan Pemain U22 dan Bukan Timnas Senior? Begini Penjelasannya

Timnas Indonesia U22 di ajang SEA Games 2023 (Sumber : Instagram @PSSI)

INFOSEMARANG.COM - Perjalanan Timnas Indonesia U22 di cabang olahraga (cabor) sepak bola SEA Games 2023 Kamboja berjalan mulus di babak penyisihan grup.

Timnas Indonesia U22 berhasil menjuarai grup dan telah dipastikan melaju ke babak semifinal SEA Games 2023.

Dengan melihat performa Timnas Indonesia U22 di SEA Games 2023 sejauh ini, rasanya harapan cukup besar pantas diletakkan di pundak para awak tim Garuda Muda.

Baca Juga: Rizky Febian dan Mahalini Resmi Tunangan, Netizen Sibuk Bahas Pindah Agama

Namun, pernahkah Anda penasaran mengapa ajang SEA Games hanya memperbolehkan sebuah timnas mengirim tim U22-nya, bukan tim senior?

Pada SEA Games cabang olahraga sepakbola menggunakan timnas U22 bukan tim senior karena aturan yang telah ditetapkan oleh Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF).

Menurut aturan AFF, untuk cabang olahraga sepak bola di SEA Games, setiap negara dapat mendaftarkan skuad sepak bola mereka dengan batasan usia maksimum pemain yang tidak melebihi 22 tahun.

Baca Juga: Penggunaan Benih Unggul Berkualitas Kunci Peningkatan Produktivitas Petani Jagung

Aturan ini sejalan dengan tujuan SEA Games sebagai ajang yang mempromosikan pengembangan dan pemberdayaan atlet muda di Asia Tenggara.

Selain itu, adopsi aturan ini juga dilakukan untuk menjaga integritas kompetisi dan mencegah negara-negara yang memiliki tim nasional senior yang kuat menguasai sepakbola SEA Games.

Dengan batasan usia pemain, diharapkan negara-negara yang memiliki pemain muda berbakat dapat bersaing secara adil dalam ajang olahraga tersebut.

Baca Juga: Berbanding Terbalik Dengan Rizky Febian,Mahalini Tak Unggah Foto.Netizen Pertanyakan ini

Meskipun demikian, beberapa negara di Asia Tenggara masih dapat mengirimkan pemain senior di luar SEA Games, seperti pada ajang Piala AFF atau kejuaraan kualifikasi Piala Dunia.

Namun, pada SEA Games, hanya tim U22 yang diizinkan untuk berkompetisi dalam cabang olahraga sepak bola.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI