Waduh! Dari 160 Wasit Indonesia, Cuma 18 yang Dinyatakan Lolos Seleksi FIFA untuk Liga 1 2023-2024

Wasit Liga 1 Indonesia (Sumber : Twitter)

INFOSEMARANG.COM - PT LIB (Liga Indonesia Baru) sedang sibuk menyiapkan segala keperluan untuk memulai kompetisi Liga 1 Indonesia musim ini yang akan bergulir mulai 1 Juli 2023.

Salah satu yang bakal menjadi fokus Liga 1 Indonesia 2023/2024 adalah perbaikan kinerja wasit seperti yang dijanjikan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dalam konferensi pers beberapa waktu lalu.

Di samping itu, PSSI telah menyepakati kerja sama dengan JFA (Federasi Sepak Bola Jepang) untuk "mengimpor" wasit dari Negeri Sakura yang bakal membantu tugas di Liga 1 Indonesia 2023/2024 nanti.

Baca Juga: Suami Selingkuh dengan Syahnaz Sadiqah Saat Istri Alami Penyakit Ini Saat Hamil, Rendy Kjaernett Bikin Warganet Geram

Penerapan wasit asing di kompetisi Liga 1 tampaknya benar-benar dibutuhkan, pasalnya Dirut PT LIB, Ferry Paulus, baru-baru ini menyampaikan kabar yang kurang bagus terkait wasit Indonesia.

Menurut Ferry Paulus, perwakilan FIFA telah melakukan seleksi terhadap wasit-wasit di Indonesia untuk menguji kelayakan mereka menjadi perangkat pertandingan di Liga 1 Indonesia.

Namun yang mengejutkan, cuma 18 wasit saja yang dinyatakan memenuhi kualifikasi, padahal total wasit Indonesia yang diseleksi FIFA berjumlah sampai 160 orang!

Baca Juga: Bonek Boleh Nonton Laga Persis Solo vs Persebaya Surabaya di Stadion Manahan, Gibran: Saya Tunggu Kedatangannya

“Seleksi wasit juga sudah berjalan. FIFA juga sempat terkejut karena dari 160-an wasit, hanya 18 yang lolos,” kata Ferry Paulus.

“Hal ini yang jadi perhatian FIFA, apakah 18 orang ini betul-betul sesuai dengan kualifikasi,” lanjutnya.

Melihat hasil yang seperti ini, mungkin memang sangat tepat jika Liga Indonesia musim depan menghadirkan wasit dari Jepang.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI