Jay Idzes, Bek Tangguh Asal Belanda Bakal Bergabung dengan Timnas Indonesia

Jay Idzes, bek klub Liga Italia Serie B, Venezia, bakal memperkuat timnas Indonesia. (Sumber : Dok. PSSI)

INFOSEMARANG.COM -- Dukungan masyarakat terhadap timnas Indonesia untuk mendatangkan pemain papan atas terwujud.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, secara resmi mengumumkan kedatangan Jay Idzes, bek tangguh asal Belanda yang membela klub Liga Italia Serie B, Venezia, untuk memperkuat timnas Indonesia.

Jay Idzes akan menjadi kekuatan tambahan bagi timnas Indonesia di berbagai kompetisi senior. Kini, dia tengah di tanah air untuk melakukan proses administrasi.

Baca Juga: Oklin Fia Jadi Duta MUI? Majelis Ulama Indonesia Akhirnya Angkat Bicara

Keputusan untuk membawanya ke timnas merupakan langkah penting dalam mempersiapkan Garuda Mendunia menghadapi ajang internasional yang semakin ketat.

"Hari ini saya mengumumkan bahwa pemain asal klub Venezia Jay Idzes akan kita proses untuk memperkuat Merah Putih di ajang internasional untuk Garuda Mendunia,” kata Erick.

Erick Thohir menegaskan bahwa Jay Idzes bukanlah pemain biasa. Musim sebelumnya, Jay Idzes menjadi andalan tim Go Ahead Eagles dan berhasil menempati peringkat ke-11 di Liga Utama Belanda Eredivisie.

Jay Idzes, yang saat ini berusia 23 tahun, juga menjadi incaran timnas Belanda. Namun, Jay Idzes memilih bersatu dengan bendera Merah Putih, melihat peluang yang lebih besar untuk berkompetisi di level internasional.

"Idzes masih berusia 23 tahun. Kariernya sedang menuju puncak. Jadi pemain ini adalah pemain yang sangat potensial dan akan Isya Allah akan menambah kekuatan timnas kita," kata Erick.

Baca Juga: Kecelakaan di Ronggowarsito Semarang, Seorang Pria Tewas Terlindas Truk

Jay Idzes lahir di Mierlo, Belanda pada tanggal 2 Juni 2000. Meskipun lahir di Belanda, darah keturunan Indonesia mengalir dalam dirinya, berasal dari kakek dan neneknya.

Kedua orang tuanya menetap di Belanda, tempat dia menghabiskan masa kecilnya. Bakat sepak bola Jay Idzes sudah terlihat sejak usia 7 tahun.

Perjalanan karier sepakbolanya dimulai saat dia bergabung dengan salah satu klub amatir, SC Brabant, di Mierlo. Dia bermain untuk tim tersebut selama 1,5 tahun.

Pada usia 9 tahun, Jay Idzes menarik perhatian talent scout dari PSV Eindhoven. Dia kemudian bergabung dengan akademi PSV dan mengasah bakat sepak bolanya selama lima tahun.

Setelah itu, dia melanjutkan perjalanan karier di Akademi VVV-Venlo & Helmodsports pada tahun 2014.

Baca Juga: Tersangka Pembunuhan dan Mutilasi Pemilik Depot Air Isi Ulang di Semarang Terancam Hukuman Seumur Hidup

Setelah menghabiskan dua tahun bermain untuk klub tersebut, Jay Idzes melangkah ke Eerste Divisie lainnya, FC Eindhoven, dan bergabung dengan tim akademi junior.

Setelah dua tahun belajar di tim junior, Jay Idzes akhirnya dipromosikan ke tim utama FC Eindhoven dan mencatatkan 57 penampilan.

Pada awal musim 2023, Jay Idzes melangkah lebih jauh dengan bergabung dengan klub Italia, Venezia, dan akan bermain untuk mereka hingga tahun 2027.

Kedatangan Jay Idzes ke timnas Indonesia menjadi berita baik bagi sepak bola Tanah Air dan diharapkan akan memberikan kontribusi besar dalam meraih sukses di tingkat internasional.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI