Erick Thohir Minta Liga 1 Libur Sementara Saat Piala Asia U-23 Qatar Berlangsung, Hindari Polemik Izin Pemain dari Klub

Erick Thohir dan PT LIB bahas opsi penghentian sementara Liga 1 selama Piala AFC U-23 berlangsung. (Sumber : Instagram @erickthohir)

INFOSEMARANG.COM -- Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir, meminta Liga 1 libur saat Piala Asia U-23 Qatar berlangsung.

Erick mengungkapkan telah menjalin komunikasi dengan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) terkait jadwal Liga 1 yang bertabrakan dengan jadwal Piala AFC U-23.

Sebagaimana diketahui, Piala Asia U-23 atau AFC U-23 Qatar berlangsung tanggal 15 April hingga 3 Mei 2024 mendatang dimana Liga 1 memasuki pekan terakhir.

Baca Juga: Format Tanda Tangan dan e-Meterai di Dokumen CPNS PPPK 2023, Jangan Sampai Salah

Meskipun demikian, opsi tersebut masih dalam tahap diskusi karena Piala AFC U-23 tidak termasuk dalam kalender resmi FIFA.

"Liga telah menyetujuinya, dan klub-klub juga telah menyetujuinya sehingga ketika Piala U-23 berlangsung di Qatar, para pemain terbaik dapat dipanggil. Namun, masih ada kebingungan (mengenai opsi tersebut) karena memang turnamen tersebut tidak termasuk dalam kalender FIFA," kata Erick Thohir dikutip dari Antara, Rabu, 20 September 2023.

Piala Asia U-23 2024 bukan merupakan bagian dari agenda FIFA, dan terkait dengan hal ini, PSSI ingin menghindari adanya polemik seperti pada Agustus tahun lalu.

Dimana saat itu, terdapat masalah izin pemain dari klub-klub untuk bergabung dengan timnas U-23 di Piala AFF U-23 2023.

Baca Juga: Kades Kembangsari Boyolali Dicatut dalam Video Viral TikTok, Bantah Tuduhan sewa LC dan Siap Tuntut Balik

Piala Asia U-23 2024 akan digelar di Qatar mulai tanggal 15 April hingga 3 Mei tahun depan.

Pada periode yang sama, Liga 1 musim 2023/2024, yang mayoritas diikuti oleh pemain-pemain timnas U-23 Indonesia, akan memasuki pekan-pekan terakhir babak reguler series dan mendekati babak championship series.

Erick mengungkapkan bahwa belum ada kepastian mengenai kemampuan sejumlah pemain timnas Indonesia U-23 yang bermain di Eropa untuk bergabung.

"Pemain-pemain kita yang di Eropa masih belum memberikan jawaban bisa memperkuat (timnas U-23) atau tidak. Kita ketahui ada empat hingga lima pemain timnas U-23 yang bermain di Eropa," katanya.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI