Desak Made Rita Kusuma Dewi Pecahkan Rekor Speed Panjat Tebing di Asian Games 2023, Catatkan Waktu 6,600 Detik di Babak Kualifikasi

Desak Made Rita Kusuma Dewi pecahkan rekor nomor speed Asian Games, catatkan waktu 6,600 detik. (Sumber : Instagram/desakmaderita01)

INFOSEMARANG.COM -- Desak Made Rita Kusuma Dewi, atlet panjat tebing Indonesia, mencatatkan rekor baru dalam nomor speed Asian Games Hangzhou.

Dia berhasil mencapai waktu 6,600 detik dalam babak kualifikasi, menggulingkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Aries Susanti Rahayu, yaitu 7,61 detik di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Desak, yang saat ini berada di peringkat dua dunia, awalnya mencatatkan waktu 6,667 detik di jalur B pada babak kualifikasi yang digelar di Shaoxing Keqiao Yangshan Sports Climbing Centre.

Baca Juga: Mirna Meninggal Bukan Karena Sianida? Kejanggalan yang Diungkap dalam "Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso"

Namun, dia tidak berhenti di situ. Pada penampilan keduanya di jalur A, Desak berhasil memperbaiki catatan waktunya menjadi 6,600 detik, yang sekaligus menjadi catatan waktu terbaik di antara 16 atlet yang berhasil lolos ke final.

Selain Desak, atlet Indonesia lainnya, Rajiah Sallsabillah, juga tampil impresif dalam babak kualifikasi. Dia mencatatkan waktu terbaiknya, yaitu 6,870 detik, di jalur B.

Pada kesempatan kedua di jalur A, Rajiah mencatatkan waktu 6,902 detik. Akibatnya, dia menyelesaikan kualifikasi di peringkat ketiga, di bawah atlet tuan rumah Lijuan Deng, yang mencatatkan waktu 6,730 detik.

Selain itu, wakil China lainnya, Di Niu, juga tampil baik dengan catatan waktunya, yaitu 6,954 detik, yang membuatnya menduduki peringkat keempat dalam kualifikasi.

Baca Juga: Kondisi Terkini Lee Jehoon Usai Jalani Operasi Kolitis Iskemik, Dipastikan Absen Dari Busan International Film Festival

Kini, dua atlet Indonesia dan dua atlet China akan menjadi penantang utama dalam final, yang juga akan diramaikan oleh Tamara Ulzhabayeva asal Uzbekistan. Tamara finis di peringkat lima dengan waktu terbaik 7,497 detik.

Keberhasilan Desak Made Rita Kusuma Dewi ini membawa semangat tinggi bagi tim panjat tebing Indonesia dalam Asian Games Hangzhou.

Semua mata akan tertuju pada final, di mana kompetisi akan semakin sengit dan menarik.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI