Atlet Panjat Tebing Desak Made Rita Raih Medali Emas dan Pecahkan Rekor di Asian Games Hangzhou

Desak Made Rita Kusuma Dewi raih medali emas dan pecahkan rekor nomor top speed Asian Games Hangzhou (Sumber : Instagram/fpti_official)

INFOSEMARANG.COM -- Desak Made Rita Kusuma Dewi, atlet panjat tebing berusia 22 tahun asal Bali, menunjukkan penampilan luar biasa dalam meraih medali emas nomor speed putri Asian Games Hangzhou.

Selain itu, Desak yang kini telah memegang tiket Olimpiade Paris berkat kemenangannya di Kejuaraan Dunia 2023 di Bern, Swiss juga memecahkan rekor top speed putri Asian Games.

Desak tampil konsisten mulai dari babak kualifikasi hingga putaran final di Shaoxing Keqiao Yangshan Sport Climbing Centre, di mana ia berhasil mengalahkan wakil China Deng Lijuan untuk merebut medali emas.

Baca Juga: Kebakaran Lahan Kosong di Karangroto Genuk, Tak Ada Korban Jiwa

Sebelum bertanding, Desak selalu memotivasi dirinya sendiri dengan keyakinan bahwa ia telah berusaha keras dan berlatih dengan tekun.

Bagi Desak, Asian Games adalah puncak prestasinya selain Olimpiade Paris yang menjadi tujuannya.

"Desak sendiri sebelum kompetisi selalu meyakinkan diri kalau Desak sudah bekerja keras, sudah berlatih sedemikian rupa dan ini adalah puncak yang Desak inginkan selain ke Olimpiade Paris," kata Desak dikutip dari Antara, Rabu, 4 Oktober 2023.

Desak juga memiliki fokus yang kuat pada panjatannya sendiri, tanpa terlalu memikirkan lawan-lawannya. Ia berusaha memastikan bahwa panjatannya berjalan cepat, tenang, dan luwes.

Berkat kekhususan ini, Desak berhasil menjaga waktu panjatannya tetap di angka enam detik.

Baca Juga: Wahyu "Hulk" Prasetyo, Bek PSIS Semarang Kembali Dipanggil ke Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 Lawan Brunei

Dalam perjalanan menuju medali emas, Desak mengalahkan Nooh Heju dari Korea Selatan dengan waktu 6,703 detik, lalu mengalahkan wakil China Niu Diu dengan waktu 6,522 detik untuk melaju ke final.

Di final, Desak menghadapi persaingan ketat dengan Deng, dan kemenangannya hanya terpaut 0,071 detik lebih cepat dari rivalnya.

Prestasinya ini juga berhasil memecahkan rekor Asia yang sebelumnya dipegang oleh Deng dengan waktu 6,47 detik pada Piala Dunia 2023 di Villars, Swiss.

Pencapaian Desak di partai puncak tersebut juga mempertajam rekor Asian Games yang sebelumnya ia buat pada babak kualifikasi dengan waktu 6,600 detik.

Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh atlet Indonesia Aries Susanti Rahayu dengan waktu 7,61 detik di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Baca Juga: "Loki" Musim Kedua Akan Segera Hadir di Disney+ Hotstar 6 Oktober! Begini Jalan Ceritanya

"Saya masih tidak menyangka, luar biasa bagi saya. Target selanjutnya adalah mencapai waktu 5,99 detik, jika memungkinkan," kata Desak.

Kemenangan Desak di podium tertinggi juga ditemani oleh prestasi Rajiah Sallsabillah yang berhasil meraih medali perunggu.

Rajiah berhasil mengalahkan Niu Diu dari China dalam pertandingan perebutan tempat ketiga.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI