Sejarah Hari Puisi Nasional 28 April, Sejak Kapan Mulai Diperingati?

Tanggal 28 April diperingati sebagai Hari Puisi Nasional (Sumber : Twitter @narabahasa)

INFOSEMARANG.COM - Tanggal 28 April diperingati sebagai Hari Puisi Nasional di Indonesia untuk menghormati salah satu sastrawan besar Tanah Air, Chairil Anwar.

Atas dasar itu pula, tanggal 28 April yang merupakan tanggal lahir Chairil Anwar, ditetapkan sebagai Hari Puisi Nasional oleh Kementrian Pendidikan Nasional.

Hari Puisi Nasional mulai diperingati pada tahun 2006 dan sejak saat itu tanggal 28 April selalu bernuansa sastra, terutama setelah era media sosial.

Baca Juga: Ada Virgoun Hingga Ahmad Dhani, Meme Pria Selingkuh Ini Tuai Reaksi Warganet

Peringatan Hari Puisi Nasional bertujuan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap puisi dan sastra Indonesia serta untuk mempromosikan karya-karya sastrawan Indonesia kepada khalayak yang lebih luas.

Peringatan ini juga diharapkan dapat membangkitkan semangat generasi muda dalam menulis puisi dan mencintai sastra Indonesia.

Setiap tahun, peringatan Hari Puisi Nasional diisi dengan berbagai kegiatan seperti acara pembacaan puisi, seminar dan diskusi sastra, serta peluncuran buku-buku puisi baru.

Baca Juga: Beri Kode Sandiaga Uno Jadi Cawapres Ganjar Pranowo, Gibran Rakabuming: Cocok Gak Nih?

Selain itu, pada setiap peringatan Hari Puisi Nasional juga diumumkan pemenang penghargaan dalam bidang sastra, seperti Penghargaan Kusala Sastra Khatulistiwa dan Penghargaan Sastra Pena Kencana.

Para sastrawan dan penyair Indonesia juga turut merayakan peringatan ini dengan mengirimkan puisi-puisi mereka kepada media massa atau mempostingnya di media sosial.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI