Gen Z Harus Paham! Ini Poin-Poin Penting dari Peringtan Hari Buruh, Apakah Harus Selalu Demo?

Ilustrasi demo Hari Buruh (Sumber : pixabay)

INFOSEMARANG.COM - Peringatan Hari Buruh atau May Day diperingati setiap 1 Mei dan bahkan masuk ke dalam kalender libur nasional di Indonesia.

Bagi yang belum tahu, peringatan Hari Buruh dijadikan momen para pekerja untuk bersatu dan menguatkan perjuangan mereka dalam memperjuangkan hak-haknya.

Lalu, apa saja yang didapat dan bisa dipelajari dari adanya peringatan Hari Buruh ini?

Baca Juga: Viral Seorang Wanita Ditolak Calon Mertua Karena Yatim, Netizen :Alhamdulilah Gak Jadi Nikah Mba

Berikut adalah poin-poin penting dari peringatan Hari Buruh yang harus dipahami, terutama bagi Gen Z yang akan dan sedang memasuki dunia kerja.

1. Memperingati perjuangan pekerja dalam memperjuangkan hak-haknya, termasuk hak atas upah yang layak, jaminan sosial, dan kondisi kerja yang aman.

2. Mengingatkan perjuangan pergerakan buruh dalam sejarah, termasuk peristiwa Haymarket Affair pada tahun 1886 yang menjadi awal mula peringatan Hari Buruh.

Baca Juga: Link Nonton Dr.Romantic 3 Episode 1 Sub Indo Nodrakor atau Dramaqu?

3. Mendorong upaya pengakuan dan perlindungan hak-hak pekerja, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya keberadaan serikat pekerja dan organisasi-organisasi yang membela hak-hak pekerja.

4. Menyuarakan isu-isu terkini yang berkaitan dengan perjuangan pekerja, seperti upah minimum yang belum cukup, hak-hak buruh migran, perlindungan terhadap pekerja anak dan perempuan, serta isu-isu lingkungan yang berdampak pada kondisi kerja.

5. Memberikan penghormatan kepada pekerja yang telah berjuang dan berkorban demi hak-haknya, serta menghargai peran penting yang dimainkan oleh para pekerja dalam membangun masyarakat dan negara.

Baca Juga: Kisahnya Diangkat ke Layar Lebar, Berikut 20 Kutipan Inspiratif Buya Hamka Tentang Cinta,dan Kehidupan

Peringatan Hari Buruh menjadi momen penting bagi pekerja untuk mengingatkan kembali perjuangan mereka dan memperjuangkan hak-hak yang masih belum terpenuhi.

Selain itu, peringatan ini juga menjadi ajang untuk menguatkan solidaritas antar pekerja dan organisasi-organisasi yang membela hak-hak mereka.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI