Peringati Hari Buruh, Berikut Fakta-Fakta Menarik Seputar Buruh yang Jarang Diketahui

Ilustrasi buruh (Sumber : freepik)

INFOSEMARANG.COM - Hari Buruh diperingati sebagai momen untuk mengingat kembali perjuangan para pekerja dalam memperjuangkan hak-hak mereka.

Di samping itu, Hari Buruh yang juga dikenal sebagai May Day, biasanya menjadi momen menguatkan solidaritas antar pekerja maupun organisasi-organisasi.

Namun meski Hari Buruh diperingati setiap tahun, banyak fakta-fakta seputar buruh yang belum diketahui.

Baca Juga: Link Download Drakor Doctor Cha Episode 5 dan 6 Sub Indo Telegram dan Nodrakor Banyak dicari!

1. Menurut data dari International Labour Organization (ILO), terdapat sekitar 3,3 miliar pekerja di seluruh dunia pada tahun 2020.

2. Jumlah pekerja di sektor informal atau pekerjaan yang tidak resmi, seperti pedagang kaki lima, petani kecil, dan pekerja rumah tangga, mencapai sekitar 2 miliar orang, atau sekitar 61% dari total pekerja di seluruh dunia.

3. Lebih dari 152 juta anak-anak di seluruh dunia terpaksa bekerja untuk mencari nafkah atau membantu keluarga mereka, meskipun pekerjaan tersebut dapat merugikan kesehatan, pendidikan, dan masa depan mereka.

Baca Juga: Peringatan Hari Buruh Apakah Berpengaruh kepada Nasib Para Pekerja? Simak Ulasannya

4. Kesenjangan upah antara pekerja laki-laki dan perempuan masih sangat besar di seluruh dunia, dengan perempuan yang cenderung menerima upah yang lebih rendah bahkan dalam jenis pekerjaan yang sama.

5. Pekerja migran atau pekerja yang bekerja di luar negeri mencapai sekitar 164 juta orang pada tahun 2017, dan mereka seringkali menghadapi kondisi kerja yang tidak adil dan eksploitasi.

6. Sekitar 2,3 juta orang meninggal setiap tahunnya akibat cedera atau penyakit yang disebabkan oleh pekerjaan, dan lebih dari 317 juta kecelakaan kerja terjadi setiap tahunnya.

Baca Juga: Tanggal 1 Mei Diperingati Sebagai Hari Buruh, Begini Sejarah dan Tujuan Diadakannya May Day

7. Organisasi Serikat Pekerja atau Trade Union terus berjuang untuk memperjuangkan hak-hak pekerja di seluruh dunia, meskipun seringkali menghadapi hambatan dan tantangan dari pemerintah atau pengusaha.

8. Beberapa negara telah mengadopsi kebijakan upah minimum atau jaminan sosial untuk melindungi hak-hak pekerja, namun masih banyak negara di dunia yang belum menerapkan kebijakan tersebut.

9. Pekerjaan di sektor teknologi dan digital semakin berkembang pesat di seluruh dunia, dan seringkali menghadirkan tantangan baru dalam memperjuangkan hak-hak pekerja dan kondisi kerja yang adil dan sehat.

Baca Juga: Tanggal 1 Mei Diperingati Sebagai Hari Buruh, Begini Sejarah dan Tujuan Diadakannya May Day

10. Perjuangan buruh dan pekerja terus berlanjut di seluruh dunia, dan peringatan Hari Buruh menjadi momen penting untuk mengingatkan kembali pada sejarah perjuangan pekerja, serta memperkuat solidaritas antar pekerja dalam memperjuangkan hak-hak mereka.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI