SCU Semarang Gelar Seminar Soal Peran AI dalam Dunia Bisnis, Hadirkan Praktisi dari Alibaba Cloud

Seminar bertajuk "AI dalam Dunia Bisnis" di SCU Semarang. (Sumber: | Foto: Sakti Setiawan.)

SEMARANG, INFOSEMARANG.COM-Fakultas Ilmu Komputer Unika Soegijapranata Semarang atau Soegijapranata Catholic University (SCU) menggelar seminar bertajuk "AI (Artificial Intelligence) dalam Dunia Bisnis" di Ruang Theater, Gedung Thomas Aquinas, Kampus SCU Bendan, Rabu, 22 Mei 2024.

Seminar ini menghadirkan pembicara Dosen Program Studi Teknik Informatika SCU Yonathan Purbo Santosa, SKom, MSc dan Solution Architech Alibaba Cloud Indonesia Aaron Berliano H.

Seminar berlangsung menarik karena banyak hal-hal baru disampaikan oleh narasumber kaitannya AI dengan dunia bisnis saat ini. Salah satu tema menarik adalah membahas tentang bagaimana Alibaba Cloud mendukung dan mempromosikan inovasi AI di berbagai industri melalui platform dan berbagai macam solusinya.

Ketua Program Studi Teknik Informatika (TI) SCU Rosita Herawati, ST, MIT mengemukakan ke depan teknologi khususnya AI semakin massif karena dunia bisnis sudah banyak yang memanfaatkan teknologi ini untuk menunjang keberlanjutan usahanya.

''Meski secara reguler kuliah tentang AI sudah kami berikan, tetapi para mahasiswa perlu memperdalam dan memperluas ilmu maupun pengetahuannya dari akademisi maupun praktisi agar nantinya ketika lulus sudah sangat siap menghadapi dunia kerja,'' ungkapnya didampingi Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMTI) SCU Rachel Valentina di sela-sela seminar.

Ia mengatakan perkembangan teknologi kecerdasan buatan akan semakin mudah diakses dan digunakan oleh bisnis untuk memperlancar ragam kegiatan mulai hulu hingga hilir.

''Pertanyannya, bagaimana dengan mahasiswa yang nanti akan langsung berhadapan dengan persaingan berbasis AI ini? siapkah mereka? Nah, disini kami ingin memberikan gambaran bagaimana dunia bisnis di luar sana yang sudah memanfaatkan AI secara penuh,'' tegasnya.

Dikatakannya, Artificial Intelligence memang memiliki dampak positif terhadap dunia industri. Sebab, penggunaan AI lebih cepat, efisien, akurat, konsisten, mudah dikelola, data diproses dalam jumlah yang besar, serta dapat memberikan layanan yang sesuai dengan selera pelanggan.

Namun sebaliknya, selalu ada dampak dari sisi negatifnya. Contoh sederhananya adalah seperti beberapa peran manusia sudah tergantikan oleh AI, sehingga menimbulkan terjadinya pengurangan pegawai. ''Tetapi ini sebenarnya bisa dibalik menjadi peluang kerja baru caranya dengan menguasai AI.'' ***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI