Tim Mahasiswa FK SCU Juarai Olimpiade Medis Regional, Melaju ke Tingkat Nasional

Sakti Setiawan
Selasa 22 Oktober 2024, 16:12 WIB

Empat mahasiswa FK SCU menjuarai Regional Medical Olympiad (RMO) 2024. 
 (Sumber:  | Foto: Sakti)

Empat mahasiswa FK SCU menjuarai Regional Medical Olympiad (RMO) 2024. (Sumber: | Foto: Sakti)

SEMARANG, INFOSEMARANG.COM- Empat mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Soegijapranata Catholic University (SCU) berhasil menjuarai Regional Medical Olympiad (RMO) 2024. Mereka adalah Pryanggadanie Hutomo Putra, Daniela Arsanti Suhartono, Lintang Gracia dan Roull Cato Wibowo. Keempatnya tergabung dalam 2 Tim Muskuloskeletal yang dikirimkan FK SCU.

Lintang dan Roull berhasil membawa pulang medali emas, sementara Pryanggadanie dan Daniela berhasil membawa pulang medali perunggu. Prestasi tersebut mereka torehkan setelah mengikuti rangkaian RMO 2024 sejak 22 September 2024. Mereka berhasil lolos pada babak semifinal dan final yang digelar pada 18-19 Oktober 2024 di Kampus FK UNIMUS.

Setelah ini, mereka akan bersiap untuk berkompetisi dengan banyak FK dari berbagai perguruan tinggi dalam International Indonesian Medical Olympiad (IMO). Rangkaiannya akan dimulai pada 27 November 2024. Tahun ini, UPH berkesempatan menjadi tuan rumah IMO 2024. “Untuk sistem lombanya kurang lebih sama seperti RMO, Kami perlu mempersiapkan materi yang sudah dipelajari di RMO, agar lebih matang,” ungkap Roull.

RMO merupakan ajang olimpiade tahunan terbesar yang diselenggarakan Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) Wilayah 3. Adapun wilayahnya meliputi Solo, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, dan Kalimantan. UNDIP, UGM, dan UNSOED juga turut berpartisipasi.

Adanya olimpiade ini bertujuan untuk mengembangkan ilmu dan keterampilan serta mewujudkan kekerabatan dan jiwa kompetitif seluruh mahasiswa FK se-Indonesia. Harapannya mereka dapat menjadi calon dokter yang unggul serta ikut berkontribusi untuk mewujudkan Indonesia yang sehat. “Selain bisa mengasah ilmu, kami juga bisa bisa menambah relasi dengan mahasiswa FK dari universitas lain,” pungkas Roull.

Sama seperti tahun lalu, tahun ini FK SCU mengirimkan 10 tim yang masing-masing beranggotakan 2 mahasiswa. Mereka berkompetisi pada 6 kategori dalam RMO 2024, meliputi Kardiorespirasi, Genitourinaria, Saluran Pencernaan, Neuropsikiatri, Infeksi Tropis dan Muskuloskeletal.

Dekan FK SCU, dr. Jonsinar Silalahi menuturkan pihaknya turut mengapresiasi prestasi yang diraih mahasiswa. “Sangat bangga atas perjuangan mahasiswa FK SCU. FK ini terhitung sebagai FK yang masih baru, tetapi sudah mampu bersaing dengan FK lain termasuk dengan FK di perguruan tinggi negeri,” pungkasnya.

Lebih lanjut, ia juga menekankan fakultas sangat mendukung mahasiswa untuk ikut serta dalam berbagai kompetisi. “Sudah kami fasilitasi sejak awal FK SCU berdiri. Silahkan setiap mahasiswa mengikuti berbagai kompetisi untuk mengasah kemampuan dan terus berprestasi. Para dosen selalu siap mendukung,” tegasnya.

Sejalan dengan itu, ini sudah tahun ketiga bagi Roull mengikuti ROM. Ia pun berterima kasih kepada para dosen yang mendukung penuh keikutsertaannya bersama tim. “Ikut terlibat dalam membimbing tim delegasi dalam mempersiapkan materi. Memberikan bimbingan dengan sangat baik,” ungkapnya.***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Tags :
Berita Terkait
Berita Terkini
Semarang Raya26 Oktober 2024, 22:28 WIB

Pemkot Semarang dan BRIN Siap Jadikan Semarang Pionir Budidaya Pangan Berkelanjutan

Pemkot Semarang dan BRIN berupaya untuk menjadikan Kota Semarang sebagai pionir dalam budidaya pangan yang berkelanjutan.
Mbak Ita bersama Wakil Kepala BRIN, Amarullah Octavian dan Kelompok Tani Sumber Rejeki panen padi Biosalin. (Sumber:  | Foto: Sakti)
Bisnis26 Oktober 2024, 22:20 WIB

Telkomsel Perkuat Jaringan 5G Di Magelang untuk Komunikasi Peserta Retreat “Kabinet Merah Putih”

Memastikan kelancaran komunikasi selama Retreat “Kabinet Merah Putih” di Magelang, Telkomsel melakukan serangkaian langkah penguatan jaringan.
Telkomsel Perkuat Jaringan 5G Di Magelang untuk Komunikasi Peserta Retreat “Kabinet Merah Putih”. (Sumber:  | Foto: Sakti)
Semarang Raya25 Oktober 2024, 19:52 WIB

Banyak Event Seru Meriahkan Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2024 di Kota Semarang, Catat Tanggalnya

Rangkaian acaranya terdiri dari talkshow, pentas seni budaya, konser musik, dan juga bazaar makanan.
Salah satu event anak-anak muda di Kota Semarang. (Sumber:  | Foto: Sakti)
Umum25 Oktober 2024, 17:10 WIB

Pemprov Jateng Siap Fasilitasi Aglomerasi Solo Raya

Konsep aglomerasi Solo Raya bertujuan untuk mendorong investasi melalui pemusatan kegiatan ekonomi di Solo dan sekitarnya.
Sekda Jateng, Sumarno usai acara FGD Optimalisasi Aglomerasi Solo Raya.
 (Sumber:  | Foto: Dok)
Semarang Raya25 Oktober 2024, 09:20 WIB

Langgar Aturan Siaran selama Pilkada 2024, KPID Jateng Tak Akan Toleransi

Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Jawa Tengah mengimbau dan mengingatkan pada seluruh lembaga penyiaran, agar lebih cermat dalam menyiarkan pemberitaan maupun iklan selama masa kampanye
 (Sumber: )
Semarang Raya24 Oktober 2024, 19:33 WIB

Sebanyak 1.297.910 Surat Suara Pilgub Jateng Tiba di Kota Semarang, Dikawal Brimob

Surat suara ini menjadi bagian penting dari persiapan menjelang Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 yang akan digelar pada 27 November mendatang.
Wali kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu bersama jajaran saat menerima surat suara.
 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Pendidikan24 Oktober 2024, 19:28 WIB

Skul.Id, Platform Digital Gratis, Permudah Pengelolaan Manajemen Sekolah

Skul.id hadir untuk mendukung pendidikan berbasis teknologi yang lebih mudah, aman, dan terintegrasi.
Skul.id,  platform digital untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar.
 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Semarang Raya24 Oktober 2024, 09:17 WIB

Petani Jateng Didorong Produksi Beras Rendah Karbon

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendorong para petani di wilayahnya, untuk memproduksi beras rendah karbon.
 (Sumber: )
Semarang Raya24 Oktober 2024, 09:16 WIB

Batang Periksa Kondisi Kesehatan Calon Jemaah Haji

Dinas Kesehatan (Dinkes) Batang melakukan pengecekan kondisi kesehatan terhadap 655 orang Calon Jemaah Haji (Calhaj).
 (Sumber: )
Bisnis23 Oktober 2024, 18:33 WIB

AXA Mandiri Tingkatkan Literasi Keuangan dan Kesehatan Warga Semarang

AXA Mandiri menggelar kegiatan literasi keuangan dan kesehatan di Semarang bertajuk ‘Literasi Asuransi untuk Negeri’.
AXA Mandiri  menggelar kegiatan literasi keuangan dan kesehatan di Semarang bertajuk ‘Literasi Asuransi untuk Negeri’. (Sumber:  | Foto: Dok)