Pompa Air Rusak Bikin Banjir, Wali Kota Semarang: Kan Repot Kalau Begini, yang Disalahin Tetap Pemkot

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu alias Mbak Ita, sidak ke Kali Tenggang untuk mengecek pompa air yang rusak sehingga berakibat banjir, Rabu 15 November 2023. (Sumber : Pemkot Semarang)

Mbak Ita Wali Kota Semarang mengaku pihaknya sudah maksimal dalam pencegahan banjir di Kota Semarang saat musim hujan, rusaknya pompa Kali Tenggang dan Kali Sringin merupakan kewenangan BBWS.

INFOSEMARANG.COM - Hevearita Gunaryanti Rahayau langsung melakukan sidak ke Kali Tenggang dan Kali Sringin, dimana lokasi rumah pompa air milik Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) berada.

Pompa air yang digunakan untuk mengendalikan air agar tidak terjadi banjir ini rupanya rusak saat ia meninjau. Ada 3 dari 6 pompa air di Kali Tenggang rusak dan 1 pompa air yang berfungsi di Kali Sringin.

Rusaknya pompa air ini berakibat sejumlah titik di Kota Semarang terendam banjir. Di antaranya Kaligawe, Genuk, dan lain sebagainya yang tergenang air setelah beberapa jam dilanda hujan pada Selasa 14 November 2023 malam.

Baca Juga: Mbak Ita Ngamuk Lihat Pompa Air Kali Tenggang Rusak, Bikin Banjir Kaligawe dan Genuk saat Hujan

Mbak Ita menilai banjir yang terjadi ini akan membuat warga menyalahkan pihak Pemkot Semarang. Padahal Pemkot Semarang sudah berusaha memaksimalkan untuk mengantisipasi banjir sebelum musim hujan datang.

Termasuk dengan rutin berkoordinasi dengan BBWS terkait penanganan banjir di Kota Semarang.

"Ini pompanya rusak, kan repot kalau kayak begini," kata Mbak Ita saat sidak pompa air di Kali Tenggang, Rabu 15 November 2023.

"Saya dulu sudah sampaikan ke BBWS untuk pengendalian banjir yang biasa terjadi di akhir tahun. Masalah pompa ini permasalahan serius, ini merupakan kewenangan BBWS," lanjutnya.

"Karena apa pun nanti yang disalahkan tetap pemerintah kota, padahal kami tidak bosan-bosannya koordinasi dengan BBWS," pungkas Mbak Ita.

***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI