Polisi Amankan Komplotan Maling Knalpot Ambulans di Kabupaten Semarang

Komplotan maling knalpot ambulans di Kabupaten Semarang diamankan polisi (sumber: instagram.com/ambarawa_terkini)

INFOSEMARANG.COM -- Polres Semarang berhasil mengamankan sebuah komplotan maling knalpot ambulans yang selama ini telah melancarkan operasinya secara terorganisir.

Komplotan spesialis pencuri knalpot ambulans ini berjumlah tiga orang. Ketiganya yakni, SH (53) warga Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, CD (43) warga Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, dan HS (31) warga Kecamatan Tegowanu, Kabupaten Grobogan.

Kapolres Semarang, AKBP Achmad Oka Mahendra mengungkapkan bahwa saat diamankan para pelaku tengah melancarkan aksinya di wilayah Lingkar Ngrawan Lor, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang pada Kamis, 16 November 2023 sekitar pukul 18.45 WIB.

Baca Juga: Separuh Jalan Tertutup! Viral Video Truk Terguling di Tanjakan Trangkil Semarang, Begini Kondisi TKP saat Ini

Saat melakukan aksinya para pelaku ini diketahui oleh warga, dan saat yang bersamaan unit Patroli Polsek Bawen yang sedang melaksanakan giat patroli arus jam bubaran pegawai pabrik juga tengah melakukan tugasnya. Sehingga, kejadian itu langsung bisa ditangani dan pelaku berhasil diamankan,” ujarnya pada Jumat (17/11/2023).

Di sisi lain, Kasat Reskrim Polres Semarang, AKP M. Aditya Perdana menjelaskan bahwa para pelaku ini biasanya melancarkan aksinya dengan modus meminta tolong pihak ambulans untuk menjemput seorang pasien.

“Peran dari ketiga tersangka ini berbeda-beda, SH dan CD sebagai pencari korban atau ambulans untuk dimintai tolong. Kemudian SH dan CD membawa ambulance beserta drivernya ke daerah Pasar Sapi Bawen. Sesampainya di Pasar Sapi, kedua pelaku mengajak driver untuk berhenti makan. Saat makan CD beralasan meminjam ambulans untuk menjemput pasien di daerah Karangjati, dengan jaminan SH ditinggal bersama driver ambulans itu,” jelas Kasat Reskrim.

Baca Juga: Viral Seleb TikTok VK Jadi Tersangka, Buntut Parodikan FTV dengan Judul "Jasa Bikin Anak Keliling" Pakai Logo Indosiar

Usai ambulans berhasil di bawa oleh CD, salah satu rekannya yakni HS pun telah menunggu di daerah Ngrawan.

Ambulans yang berhasil di bawa oleh CD tersebut tiba di daerah Ngrawan sekitar pukul 18.40 WIB dan HS pun langsung mengeksekusi untuk melakukan pencopotan katalis.

Setelah sampai di daerah Ngrawan, CD menyerahkan ambulance tersebut untuk dieksekusi katalis knalpotnya oleh HS,” tambahnya.

Namun aksi komplotan ini terungkap dan diketahui warga sebelum mereka berhasil melepas katalis pada knalpot ambulans tersbut.

Baca Juga: Waduh! Sosok Ini Minta Uang Donasi Rumah untuk Gala Sky Dikembalikan, Apa Penyebabnya?

"Namun belum sempat selesai melepas katalis knalpot, aksi kedua pelaku sudah diketahui warga," kata Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Semarang, AKP M Aditya Perdana.

Berdasarkan informasi dari warga yang dilansir dari @ambarawa_terkini, ambulans yang kini ditemukan warga tersebut merupakan ambulans kelima.

Dalam video dan foto yang beredar, para pelaku tampak babak belur diduga dipukuli oleh warga yang berusaha menangkap para pelau tersebut.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI