Viral Santri Ponpes PDF Ma'had Aly Walindo Pekalongan Keliling Jual Kalender, Wajarkah?

Viral beredar video yang memperlihatkan sejumlah santriwati Ponpes PDF & Ma'had Aly Walindo berjalan kaki untuk berkeliling jualan kalender. (Sumber : Instagram @batanginfo.id)

Viral beredar video yang memperlihatkan sejumlah santriwati Ponpes PDF & Ma'had Aly Walindo berjalan kaki untuk berkeliling jualan kalender.

INFOSEMARANG.COM - Viral video yang memperlihatkan santriwati yang jalan kaki untuk keliling berjualan kalender 2024 di perkampungan warga di Bandar, Batang.

Video ini diunggah oleh akun @batanginfo.id, Senin 4 Desember 2023 lalu. Memperlihatkan 2 santriwati menggunakan seragam pondok sambil membawa beberapa tumpuk kalender.

Saat ditanya, keduanya mengaku berasal dari Pondok Pesantren PDF & Ma'had Aly Walindo yang beralamat di Jalan Raya Boyoteluk, Area Sawah, Boyo Tlk, Wonokerto, Pekalongan.

Baca Juga: Waspada Pencuri Modus Jual Kalender 2024, Perempuan di Kendal Tertangkap Basah Ambil Uang

Harga kalender 2024 yang ditawarkan yakni Rp 20 ribu per buah. Keduanya berkeliling di sejumlah perkampungan warga dengan berjalan kaki.

Rupanya santri berjualan kalender ini selalu ada setiap tahunnya, tepatnya menjelang akhir tahun. Menurut keterangan warganet, sejumlah pondok pesantren seperti menjadikan berjualan kalender sebagai tradisi tahunan.

Warganet pun juga mempertanyakan apa alasan pemilik dan pengelola ponpes meminta para santrinya untuk berjualan kalender.

Wajarkah santri yang seharusnya menuntut ilmu di pondok harus berjualan kalender setiap tahunnya? Terlebih orangtua atau wali santri sudah membayar biaya pendidikan selama memondokkan putra-putrinya.

***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI