Fenomena Ikan Red Devil Merajalela di Rawa Pening, Bikin Nelayan Resah

Fenomena munculnya ikan Red Devil di Rawa Pening, nelayan resah ikan endemik lenyap. (Sumber: Nuno Fishing Hunter - InfoSemarang.com)

Rawa Pening kini dipenuhi dengan ikan Red Devil, ikan invasif yang bisa merusak ekosistem dan kehidupan ikan endemik di Rawa Pening.

INFOSEMARANG.COM - Nelayan di Rawa Pening mulai resah dengan munculnya ikan Red Devil yang makin merajalela di tempat ini.

Terpantau pada video unggahan akun @infokabarsalatiga, Kamis 25 Januari 2024, tampak sejumlah nelayan yang panen ikan. Bukan ikan yang diinginkan namun justru ikan Red Devil yang didapat.

Fenomena munculnya ikan Red Devil ini membuat resah para nelayan karena ikan ini merupakan ikan asing yang invasif. Ikan predator yang bisa merusak ekosistem dan kehidpan ikan endemik Rawa Pening.

Para nelayan pun berusaha untuk menjaring ikan Red Devil ini, setidaknya untuk mengurangi habitatnya di rawa yang sangat besar ini. Ikan Red Devil ini memangsa segala jenis ikan di Rawa Pening, seperti Nila, Mujair dan lainnya.

Meski bisa dikonsumsi, ikan ini tak banyak digemari oleh orang-orang karena memiliki banyak duri halus. Ditambah ukuran ikan yang kecil sehingga tidak memiliki banyak daging.

***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI