Mudik Lebaran 2024 : BPBD Buka Posko Mudik di Gombel Semarang

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang membuka posko mudik Lebaran 2024 di Taman Tabanas (Sumber: Pemkot Semarang)

INFOSEMARANG.COM--Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang membuka posko mudik Lebaran 2024 di Taman Tabanas, Jalan Gombel Lama, Semarang. Posko tersebut mulai dibuka 3 - 16 April 2024. 

Kepala BPBD Kota Semarang, Endro P Martanto mengatakan, BPBD bergerak di bidang kemanusiaan. Pihaknya bersama dengan stakeholder lain dan para relawan bergerak di bidang sosial, diantaranya membuka posko mudik.

Fasilitas yang disediakan berupa tempat istirahat, toilet portable, tempat solat, dapur umum, ambulan, kursi pijat elektrik. 

BPBD juga menyediakan mobil yang siap membantu pemudik untuk menderek jika mengalami mogok.

"Tempat tidur ada 30. Kapasitas parkir untuk roda dua bisa muat 100. Dapur umum, snack, kopi panas, teh panas, kopi panas tersedia 24 jam," sebutnya. 

Kementerian Perhubungan menyarankan para pemudik tidak mudik menggunakan roda dua. Namun, di lapangan, 30 - 40 persen pemudik masih didominasi kendaraan roda dua. Jalan Gombel Lama ini pun menjadi jalur yang kerap dilalui pemudik dari arah barat maupun timur menuju ke arah selatan. 

"Biasanya saat puncak mudik, disini menjadi salah satu titik istirahat mereka," ujarnya. 

BPBD menyiapkan 15 petugas untuk memberikan pelayanan kepada para pemudik yang singgah di rest area tersebut. Selain itu, ada relawan yang juga siaga.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI