Puncak Perayaan Harganas ke-31 Digelar di Semarang, Dihadiri Presiden Jokowi, Melibatkan 10 Ribu Orang

Wali Kota Semarang memimpin rapat koordinasi persiapan Harganas. (Sumber: | Foto: sakti)

SEMARANG, INFOSEMARANG.COM- Puncak perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 bertemakan Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas akan digelar di Simpang Lima Kota Semarang pada Sabtu 29 Juni 2024 mendatang.

Rencananya, acara itu akan dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), Gubernur Jateng, serta Wali Kota/Bupati seluruh Indonesia.

Pada kegiatan ini, Wali Kota Semarang, Hevearita Guanaryanti Rahayu menegaskan, pada perayaan Harganas ini tema yang akan diuaung adalah membangun konsep penanganan stunting. Hal tersebut disampaikan Mbak Ita, sapaan akrabnya saat rapat koordinasi persiapan Harganas di Balai Kota Semarang, Senin 24 Juni 2024.

Mbak Ita menyebut, jika salah satu alasan dipilihnya Kota Semarang menjadi tempat penyelenggara puncak perayaan Harganas ke-31, lantaran dinilai mampu menangani permasalahan stunting. Untuk itu pihaknya akan mengajak seluruh elemen dan stakeholder terkait yang telah bekerja sama menangani stunting di Kota Semarang untuk terlibat dalam kegiatan ini.

“Kota Semarang mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah perhelatan ini, karena salah satu alasannya karena mampu menurunkan angka stunting 10 persen, sehingga menjadi satu percontohan, sukses story terkait masalah stunting,” ujarnya.

Secara keseluruhan, tahapan-tahapan sudah berjalan lancar. Hanya saja, ia ingin acara ini bisa dikenal dan dikenang oleh seluruh warga terkait upaya atau penanganan stunting di Kota Semarang.

“Kemudian di sini minimal 10 ribu orang hadir dari seluruh Indonesia, sehingga harus disiapkan pelayanannya, seperti oleh-oleh, souvenir, agar lebih siap. Nah ini kita yang harus tangkap untuk promosi,” bebernya.

Kegiatan berlangsung selama sepekan mulai 23-29 Juni 2024 di beberapa wilayah di Kota Semarang, dan puncaknya akan berlangsung di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang pada 29 Juni 2024.

Untuk memeriahkan acara itu, nanti juga akan digelar wisuda lansia, masak-masak dan gerakan kembali ke meja makan, serta khitanan masal, donor darah, hingga pelayanan KB di perusahaan yang terpusat di PT SAMI. Ada pula beberapa perlombaan yang diikuti oleh perwakilan setiap daerah. Tak hanya itu, ada pula pameran Pembangunan Program Bangga Kencana.

Program Bangga Kencana merupakan rebranding dari Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dalam rangka upaya mewujudkan keluarga berkualitas yang hidup dalam lingkungan yang sehat, melalui berbagai kelompok kegiatan di masyarakat.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI