PW MTP IPHI Jateng Gelar Edukasi Keuangan Syariah

Sakti Setiawan
Rabu 31 Juli 2024, 20:23 WIB
PW MTP IPHI Jawa Tengah. (Sumber:  | Foto: sakti)

PW MTP IPHI Jawa Tengah. (Sumber: | Foto: sakti)

SEMARANG, INFOSEMARANG.COM- Pengurus Wilayah Majelis Taklim Perempuan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PW MTP IPHI) Jawa Tengah menggelar worskshop Kesehatan Finansial dan Edukasi Literasi Keuangan Syariah oleh Majelis kerjasama dengan Bank Indonesia.

Kegiatan ini mengusung tema “MTP IPHI Jateng Melek Finansial Dengan Pelatihan Keuangan Syariah di Era Milenial” dilaksanakan di Wisma Perdamaian Semarang, belum lama ini.

Menurut ketua Pengurus Daerah MTP IPHI Dr. Hj. Malikha, MT  kegiatan workshop ini merupakan bagian dari program kerja MTP Wilayah sekaligus ajang untuk silaturrohmi dan konsolidasi dengan MTP Kabupaten/Kota setelah Pelantikan Pengurus MTP Wilayah beberapa waktu lalu.

Maksud dan tujuan Workshop untuk memberikan bekal ilmu pengetahuan kepada pengurus MTP untuk mengetahui kesehatan finansial dan memberikan edukasi literasi keuangan syariah kepada pengurus MTP baik di wilayah maupun Kabupaten/kota. Kegiatan Worshopdihadiri dari utusan/perwakilan pengurus MTP Kab/kota di Jawa Tengah.

Kegiatan dihadiri oleh Ketua Umum IPHI Jateng Prof. Dr. H. Imam Taufiq, MA. Dalam Sambutan Imam Taufiq menyampaikan pentingnya melek finansial bagi MTP dalam perencanaan keuangan keluarga di era mlienial, karena perempuan harus terampil dan bisa mengatur keuangan dalam keluarga.

Imam Taufiq juga mengapresiasi MTP Jateng yang begerak cepat pasca pelantikan dengan melakukan konsolidasi denngan MTP di Kabupaten/Kota.

Hadir pula di acara KH. Mukhtar Hadi, M.Ag yang pernah menjabat Kabag TU di Kanwil dan Wakil Rektor di UMM Magelang dan Undaris sekaligus salah satu narasumber di workshop.

Mukhtar Hadi menyampaikan pentingnya melestarikan kemabruran haji khususnya di MTP agar hidup lebih berkah dan bermanfaat untuk lingkungan.

Narasumber lain Dr. H. Wahab Zaenuri, MM (Dewan Pengawas Syariah BMT dan Asesor Kompetensi perbankan BNSP)menyampaikan materi tentang transaksi dan investasikeuangan syariah dan pentingnya menggunakan perbankan syariah dalam bertransaksi dan berinvestasi.

Peserta tertarik, terbukti dengan materi terbukti dengan banyak peserta yang mengajukan pertanyaan di forum diskusi. Worskshopdihadiri 20 PD MTP IPHI se Jateng, laporan dari Ketua panitia Hj. Ain Ainul Ghurroh, S.Sy, M.Sy, A.H.

Sesi tak kalah menarik adalah forum konsolidasi yang dipimpin langsung ketua MTP dan Prof. Dr. Arikha, M.Agsebagai Ketua Pembina PD MTP IPHI Jateng. Peserta dari Kabupaten/Kota sangat antusias karena sudah lama MTP tidak mengadakan forum silaturrohmi dan konsolidasi.

Menurut Malikha, konsolidasi akan rutin diadakan setiap tri wulan. Agenda konsolidasi dapat dijadikan ajang sharing informasi kegiatan di masing-masing MTP Kabupaten/Kota yang mempunyai program unggulan dan menarik, menurut Arikha. Smoga MTP Jateng tetap memberikan kontribusi dan bersinergi dengan pemerintah.***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Tags :
Berita Terkait
Berita Terkini
Semarang Raya16 September 2024, 16:28 WIB

ASN dan Non ASN Pemkot Semarang Diimbau Jaga Netralitas Selama Pilkada 2024

Jika ada ASN terbukti melanggar netralitas akan mendapat sanksi berupa penurunan pangkat dan pemotongan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP).
Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Semarang, Joko Hartono. (Sumber:  | Foto: Dok Pemkot Semarang.)
Semarang Raya15 September 2024, 21:10 WIB

Wali Kota Semarang Dorong Duta Genre Dukung Pemerintah Soal Penanganan Stunting

Duta Genre diharapkan mendukung berbagai program pemerintah, terutama dalam mengatasi pernikahan dini dan penanganan stunting.
Grand Final Duta Genre digelar di Taman Indonesia Kaya, Semarang. (Sumber:  | Foto: Dok Humas Pemkot Semarang.)
Semarang Raya14 September 2024, 08:16 WIB

Tingkatkan Daya Saing, UMKM Semarang Dapat Pelatihan Sistem Jaminan Produk Halal

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para pelaku UMKM mengenai pentingnya sertifikasi halal.
Peserta pelatihan sistem jaminan produk halal bagi para pelaku UMKM di Kabupaten Semarang.
 (Sumber:  | Foto: Dok)
Semarang Raya13 September 2024, 16:57 WIB

Pemkot Semarang Gelar Vaksinasi dan Sterilisasi Kucing Anjing Gratis untuk Cegah Penyebaran Rabies

Pemkot Semarang menggelar vaksinasi dan sterilisasi gratis bagi kucing dan anjing, di halaman kantor Dispertan Kota Semarang, Jumat 13 September 2024.
Pemkot Semarang menggelar vaksinasi dan sterilisasi gratis bagi kucing dan anjing liar. (Sumber:  | Foto: dok Humas Pemkot Semarang.)
Umum13 September 2024, 13:15 WIB

Sekda Jateng Usulkan Kepatuhan Wajib Pajak Jadi Indikator Kinerja Camat Untuk Genjot PAD

Tujuannya agar pendapatan asli daerah (PAD) di masing-masing kabupaten/kota dapat meningkat pada tahun 2025.
Sekda Jawa Tengah Sumarno. (Sumber:  | Foto: dok)
Semarang Raya13 September 2024, 09:53 WIB

6.734 Pelamar Berebut 265 Posisi CPNS Pemprov Jateng

Sebanyak 6.734 pelamar memperebutkan 265 posisi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Pemprov Jawa Tengah.
 (Sumber: )
Semarang Raya13 September 2024, 09:52 WIB

Pemprov Jateng dan Uni Emirat Arab Serius Kembangkan Pelabuhan Tanjung Emas

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Uni Emirat Arab menggodok rencana kerja sama pengembangan pelabuhan Tanjung Emas Semarang
 (Sumber: )
Semarang Raya13 September 2024, 07:10 WIB

Gandeng BRIN, Mbak Ita Tanam Bawang Merah Lokananta Bisa Panen 20 Ton per Hektare di Mijen

Jenis bawang merah ini merupakan teknologi smart farming yang diinisiasi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang dengan menggandeng Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN).
Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menanam komoditas bawang merah unggulan jenis Lokananta. (Sumber:  | Foto: Dok Humas Pemkot Semarang.)
Semarang Raya12 September 2024, 18:00 WIB

Pikat Wastra Nusantara Kenalkan Desain Fashion UMKM dan IKM Agar Naik Kelas

Wali kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu membuka kegiatan Pikat Wastra yang merupakan rangkaian kegiatan Festival Kota Lama Semarang di Gedung Oudetrap, Kamis 12 September 2024.
Wali kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu membuka kegiatan Pikat Wastra. (Sumber:  | Foto: Sakti)
Semarang Raya12 September 2024, 16:57 WIB

Libur Maulid Nabi Muhammad SAW, KAI Daop 4 Semarang Sediakan 63 Ribu Tempat Duduk Kereta Api

Okupansi keterisian tempat duduk berdasarkan data pada hari ini Kamis 12 September 2024, sudah terjual sebanyak 36.593 tempat duduk.
Penumpang Kereta Api di stasiun Tawang Semarang. (Sumber:  | Foto: Sakti)