Inovasi Digital Smart Disdalduk KB Kota Semarang Diluncurkan

Kasubag Umum dan Kepegawaian Disdalduk KB Kota Semarang, Chalishak Wirdawati ST menjelaskan, inovasi digital berupa “SMART”. (Sumber: | Foto: sakti)

SEMARANG, INFOSEMARANG.COM- Untuk semakin memudahkan pelayanan dan informasi ke masyarakat, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk KB) Kota Semarang membuat inovasi digital. Inovasi ini mengedepankan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektonik (SPBE) yang terintegrasi.

Kasub Bagian Umum dan Kepegawaian Disdalduk KB Kota Semarang, Chalishak Wirdawati ST menjelaskan, inovasi digital berupa “SMART” pada website dinas tersebut bertujuan mendorong pelaksanaan pelayanan publik lebih cepat dan efisien.

Ia menjelaskan web ini memuat sejumlah informasi tentang agenda kegiatan Disdalduk KB Kota Semarang, sehingga bisa melibatkan partisipasi aktif masyarakat secara langsung.

"Web yang bisa diakses di https://disdaldukkb.semarangkota.go.id/ ini juga menampilkan survei masyarakat untuk mengukur kepuasan dan kebutuhan masyarakat," ujarnya di Semarang, Kamis 22 Agustus 2024.

Pada halaman tersebut juga memuat informasi berkenaan jadwal kegiatan dan penggunaan sarana prasarana, hingga jadwal pengurusan proses kenaikan pangkat bagi pegawai Disdalduk KB.

Chalishak Wirdawati berharap penambahan fitur pada website Disdalduk KB ini dapat meningkatkan kepuasan masyarakat pada pelayanan KB.

"Kepuasan pelayanan ini akan digunakan sebagai indikator apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat dan komponen apa saja yang diinginkan. Sehingga dapat digunakan sebagai masukan dalam upaya peningkatan pelayanan publik," paparnya.

Inovasi pengembangan web ini sebelumnya diresmikan pada Jumat 16 Agustus 2024 lalu, bersamaan dengan pelaksanaan peringatan HUT ke-79 RI.

"Hasil launching ini masyarakat dapat langsung menilai kinerja pemerintah berdasarkan kualitas layanan publik yang diterima," imbuhnya.

Dia menilai, kualitas layanan publik semestinya bisa dirasakan masyarakat dari semua kalangan. Karena itu, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) menjadi indikator kinerja utama dalam setiap pelayanan publik.

"Semakin baik nilai IKM suatu Unit Pelayanan Publik maka semakin baik pula tingkat pelayanan yang diberikan pada unit pelayanan tersebut, begitu pula sebaliknya," jelasnya. ***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI