Semarang Merdeka Flower Festival 2024 Dimeriahkan Pawai Sepeda Hingga Mobil Berhiaskan Bunga

Sakti Setiawan
Minggu 25 Agustus 2024, 08:19 WIB
Semarang Merdeka Flower Festival 2024. (Sumber:  | Foto: Sakti)

Semarang Merdeka Flower Festival 2024. (Sumber: | Foto: Sakti)

SEMARANG, INFOSEMARANG.COM - Semarang Merdeka Flower Festival 2024 lebih semarak dan diikuti ratusan peserta mulai dari perusahaan, BUMN, BUMD, OPD (Organisasi Perangkat Daerah) hingga anak-anak sekolah.

Berbeda dari sebelumya, tahun ini Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) juga melibatkan anak-anak sekolah dengan sepeda hiasnya.

Tak hanya itu, Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu beserta Forkopimda dan OPD juga ikut menaiki sepeda hias dan menyapa masyarakat.

Drumband dari Akpol menjadi barisan pertama di Semarang Merdeka Flower Festival, diikuti Wali Kota Semarang bersama Forkopimda dan OPD dengan menggunakan sepeda hias.

Selanjutnya, ada 225 anak-anak sekolah yang meramaikan pawai menggunakan sepeda hias. Di belakangnya, ada 40 kendaraan roda tiga berhiaskan bunga dari Kecamatan dan gabungan Kelurahan. Disusul 18 kendaraan mobil hias berasal dari OPD, perusahaan, BUMD, dan BUMN.

Tampak hadir pula Wakil Komisi X DPR RI, Agustina Wilujeng dan Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar dan sejumlah kepala OPD Pemkot Semarang

"Tahun 2024 ini, Semarang Merdeka Flower Festival kembali berlangsung di Kota Semarang. Yang berbeda, kali ini saya minta adanya partisipasi dari masyarakat," ujar Mbak Ita, sapaan akrab Wali Kota Semarang.

Dirinya menyebut, jika pada tahun lalu, pawai hanya diikuti mobil hias saja, kali ini pihaknya melibatkan anak-anak sekolah. "Anak-anak kan juga seneng, karena selama ini tidak ada karnaval-karnaval. Maka dari itu, saya mencoba untuk membangkitkan kembali karnaval karnaval dengan melibatkan anak-anak," kata Mbak Ita

Anak-anak tersebut menaiki sepeda hias, sedangkan untuk kecamatan menggunakan roda tiga yang berhias bunga 50 persen asli. Kemudian, lanjutnya, untuk perusahaan besar, BUMD, BUMN menggunakan mobil hias.

"Zaman kita kecil itu kan ada pawai pembangunan, ini seperti flash back dan ternyata peminatnya luar biasa," jelasnya, Minggu 25 Agustus 2024.

Meski demikian, Pemkot Semarang tetap melakukan pembatasan partisipan dalam pawai Semarang Merdeka Flower Festival 2024 ini. "Banyak sekali yang ingin berpartisipasi, namun kami batasi agar tidak crowded," imbuhnya.

Seperti diketahui, Semarang Merdeka Flower Festival ini merupakan rangkaian acara resepsi HUT Kemerdekaan ke-79 RI yang digelar Pemkot Semarang.

Rangkaian acara berlangsung selama 3 hari, mulai 23-25 Agustus 2024 berpusat di Lapangan Pancasila, Simpanglima, Kota Semarang.

"Sebenarnya rangkaian ini 3 hari. Kami kan memang selalu mensinergikan mengkolaborasi antar OPD. Kemarin sudah ada Pameran Industri Kreatif dan Semarang Fashion Design Competition oleh Dinas Perindustrian. Kemudian hari ini ada Merdeka Flower Festival sekaligus ada Semarjamu. Ini sebenarnya satu rangkaian," terang dia.

Usai Pawai mobil hias, di Simpanglima akan berlanjut dengan Festival Musik Semarjamu yang menampilkan berbagai genre musik. "Ini salah satu hiburan masyarakat yang kami suguhkan," jelasnya.

Sementara pada Hari Minggu (24/8), akan ada PHRI Vaganza yang berisi lomba masak antar chef hotel di Semarang. "Tak ketinggalan, saya besok juga masak," tutupnya.

Senada, Kepala Disbudpar Kota Semarang, Wing Wiyarso mengatakan jika kemeriahan acara Semarang Merdeka Flower Festival karena melibatkan berbagai elemen masyarakat.

"Kali ini memang lebih meriah karena melibatkan seluruh lapisan masyarakat dan tentunya ini merupakan salah satu rangkaian Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di Kota Semarang," jelas Wing.***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Semarang Raya13 September 2024, 16:57 WIB

Pemkot Semarang Gelar Vaksinasi dan Sterilisasi Kucing Anjing Gratis untuk Cegah Penyebaran Rabies

Pemkot Semarang menggelar vaksinasi dan sterilisasi gratis bagi kucing dan anjing, di halaman kantor Dispertan Kota Semarang, Jumat 13 September 2024.
Pemkot Semarang menggelar vaksinasi dan sterilisasi gratis bagi kucing dan anjing liar. (Sumber:  | Foto: dok Humas Pemkot Semarang.)
Umum13 September 2024, 13:15 WIB

Sekda Jateng Usulkan Kepatuhan Wajib Pajak Jadi Indikator Kinerja Camat Untuk Genjot PAD

Tujuannya agar pendapatan asli daerah (PAD) di masing-masing kabupaten/kota dapat meningkat pada tahun 2025.
Sekda Jawa Tengah Sumarno. (Sumber:  | Foto: dok)
Semarang Raya13 September 2024, 09:53 WIB

6.734 Pelamar Berebut 265 Posisi CPNS Pemprov Jateng

Sebanyak 6.734 pelamar memperebutkan 265 posisi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Pemprov Jawa Tengah.
 (Sumber: )
Semarang Raya13 September 2024, 09:52 WIB

Pemprov Jateng dan Uni Emirat Arab Serius Kembangkan Pelabuhan Tanjung Emas

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Uni Emirat Arab menggodok rencana kerja sama pengembangan pelabuhan Tanjung Emas Semarang
 (Sumber: )
Semarang Raya13 September 2024, 07:10 WIB

Gandeng BRIN, Mbak Ita Tanam Bawang Merah Lokananta Bisa Panen 20 Ton per Hektare di Mijen

Jenis bawang merah ini merupakan teknologi smart farming yang diinisiasi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang dengan menggandeng Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN).
Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menanam komoditas bawang merah unggulan jenis Lokananta. (Sumber:  | Foto: Dok Humas Pemkot Semarang.)
Semarang Raya12 September 2024, 18:00 WIB

Pikat Wastra Nusantara Kenalkan Desain Fashion UMKM dan IKM Agar Naik Kelas

Wali kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu membuka kegiatan Pikat Wastra yang merupakan rangkaian kegiatan Festival Kota Lama Semarang di Gedung Oudetrap, Kamis 12 September 2024.
Wali kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu membuka kegiatan Pikat Wastra. (Sumber:  | Foto: Sakti)
Semarang Raya12 September 2024, 16:57 WIB

Libur Maulid Nabi Muhammad SAW, KAI Daop 4 Semarang Sediakan 63 Ribu Tempat Duduk Kereta Api

Okupansi keterisian tempat duduk berdasarkan data pada hari ini Kamis 12 September 2024, sudah terjual sebanyak 36.593 tempat duduk.
Penumpang Kereta Api di stasiun Tawang Semarang. (Sumber:  | Foto: Sakti)
Semarang Raya12 September 2024, 16:26 WIB

Pemprov Jateng Gandeng UEA Kembangkan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Kunjungan tersebut dalam rangka peningkatan kerja sama dan investasi di Jawa Tengah. Sejumlah poin yang dibahas dalam pertemuan tersebut antara lain, kerja sama pengembangan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.
Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menerima kunjungan Dubes UEA Abdulla Salem Obaid.
 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Umum12 September 2024, 16:19 WIB

6.734 Pelamar Berebut 265 Posisi CPNS Pemprov Jateng

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jateng mengimbau pelamar mempersiapkan diri dan tidak memercayai iming-iming oknum tak bertanggung jawab.
Kepala BKD Jateng Rahmah Nur Hayati,  (Sumber:  | Foto: dok)
Umum11 September 2024, 15:52 WIB

Sebanyak 35 Kabupaten/Kota di Jateng Bakal Terhubung Transportasi Massal

Pemprov Jateng Rencanakan Transportasi Massal Terintegrasi di 35 Kabupaten/Kota.
Sekda Jateng, Sumarno membuka acara Central Java Transport Solution Expo 2024, Rabu, 11 September 2024. (Sumber:  | Foto: dok)