Kisah Cinta dan Perjuangan Yoyok Sukawi di Pilwakot Semarang 2024

Sukawijaya, atau yang lebih dikenal sebagai Yoyok Sukawi dan istri. (Sumber: | Foto: dok )

SEMARANG, INFOSEMARANG.COM – A S Sukawijaya, atau yang lebih dikenal sebagai Yoyok Sukawi, mencalonkan diri dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Semarang 2024. Kehidupan pribadinya pun menarik perhatian publik.

Dalam berbagai kesempatan, Yoyok kerap menunjukkan sisi romantisnya bersama sang istri, Swasti Aswagati. Yoyok bahkan secara terbuka mengakui bahwa ia sering didampingi oleh istrinya dalam setiap tugasnya sebagai anggota DPR RI.

"Kalau bertemu teman-teman sekolah lama, saya ini sering dicap sebagai suami yang takut istri. Selama 5 tahun menjadi anggota DPR, setiap kali ke Jakarta saya selalu ditemani oleh Asti," ujar Yoyok Sukawi di Semarang beberapa waktu lalu.

Cerita tersebut juga dibenarkan oleh teman masa kecil Yoyok, Shafigh Pahlevi Lontoh. Ia mengungkapkan bahwa kisah asmara antara Yoyok dan Swasti sudah dimulai sejak mereka duduk di bangku sekolah.

Shafigh mengenal Yoyok dan Swasti sejak mereka kecil, karena mereka sempat bersekolah di SMP Negeri 5 Kota Semarang. "Mbak Asti itu terkenal rajin dan pintar. Saya sering ikut les bersama Mbak Asti, dan keluarga kami sudah saling mengenal dengan baik. Kami semua bersahabat sejak di SMP 5," ungkap Shafigh.

Pertemuan pertama antara Yoyok dan Swasti terjadi di SMP Negeri 5 Kota Semarang. Dari persahabatan, hubungan mereka kemudian berlanjut hingga menjadi pasangan suami istri.

"Ada cerita lucu antara Mas Yoyok dan Mbak Asti. Setiap kali apel, saya dan Mas Roni selalu ikut menemani. Saya biasa mengobrol dengan kakak Mbak Asti saat kami ke rumahnya. Alhamdulillah, hingga hari ini mereka masih bersama sebagai suami istri," lanjutnya.

Shafigh juga menambahkan bahwa persahabatan yang terjalin sejak SMP itu terus berlanjut hingga saat ini. Bahkan, teman-teman masa kecil mereka kini membentuk komunitas relawan untuk mendukung pencalonan Yoyok di Pilwakot Semarang.

"Sampai sekarang kami masih bersahabat, bahkan dengan teman-teman yang lain. Mungkin selain saya, masih ada banyak teman yang juga terlibat," tambahnya.

Diketahui, teman-teman sekolah Yoyok dan Swasti telah membentuk relawan bernama Front Yoyok Pilihanku (FYP) untuk mendukung pencalonan Yoyok di Pilwakot Semarang.

Yoyok Sukawi berpasangan dengan Joko Santoso, atau yang akrab dipanggil Joko Joss, Ketua DPC Partai Gerindra, dalam Pilwakot Semarang. Pasangan Yoyok-Joss didukung oleh 17 partai politik yang tergabung dalam Koalisi Semarang Maju Bermartabat.

Koalisi tersebut terdiri dari partai-partai parlemen seperti Demokrat, Gerindra, PKS, PKB, PSI, Golkar, PAN, PPP, dan NasDem, serta partai-partai non-parlemen seperti Partai Buruh, Gelora, PKN, Hanura, Garuda, Prima, PBB, dan Perindo.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI