Kontestan Pilgub Jateng Deklarasi Pilkada Damai

Sakti Setiawan
Selasa 24 September 2024, 16:01 WIB
Deklarasikan kampanye damai pada Pilkada 2024 di KPU Jateng pada Selasa, 24 September 2024. 

 (Sumber:  | Foto: Sakti)

Deklarasikan kampanye damai pada Pilkada 2024 di KPU Jateng pada Selasa, 24 September 2024. (Sumber: | Foto: Sakti)

SEMARANG, INFOSEMARANG.COM – Dua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah beserta partai politik pengusungnya mendeklarasikan kampanye damai pada Pilkada 2024 di halaman Kantor KPU Jateng pada Selasa, 24 September 2024.

Deklarasi kampanye damai tersebut dihadiri langsung oleh Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Nomor Urut 1 Andika Perkasa-Hendrar Prihadi dan pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Nomor Urut 2 Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Pangdam IV/ Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, serta Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah Ponco Hartanto.

Pembacaan deklarasi damai dipandu oleh Ketua KPU Jawa Tengah Handi Tri Ujiono yang diikuti oleh kedua pasangan calon dan partai politik pengusung.

Komitmen kampanye damai itu tidak hanya dibacakan, tapi juga ditandatangani para pasangan calon, perwakilan partai politik, ketua tim kampanye, forkopimda,serta penyelenggara pemilu. Sebagai simbol perdamaian, dilakukan pula pelepasan burung merpati dengan harapan pemilihan kepala daerah nantinya berjalan damai.

Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana menyampaikan, deklarasi kampanye damai merupakan bentuk komitmen bersama untuk mewujudkan pemilihan gubernur dan wakil gubernur yang damai, sejuk, aman, dan berintegritas.

"Kami harapkan para kontestan, para pendukung, dan partai politik pengusung mampu melaksanakan deklarasi tersebut," kata dia

Tahapan kampanye Pilkada serentak 2024 berlangsung pada 25 September - 23 November 2024. Pada masa itu, kerawanan-kerawanan yang berpotensi mengarah pada konflik perlu dilakukan waspadai.

"Perbedaan pilihan politik dalam pemilu ini harus disikapi secara bijaksana. Jangan sampai kemudian menimbulkan pertikaian dan perpecahan," pesannya.

Nana mengingatkan, sinergitas dan kolaborasi semua elemen perlu diperkuat. Baik pemerintah daerah, KPU, Bawaslu, TNI/ Polri, pasangan calon, tim sukses, para tokoh agama, maupun para tokoh masyarakat, harus bersama-sama menjaga suasana yang sejuk dan kondusif.

"Dengan demikian, kita harapkan akan terwujud pemilihan gubernur- wakil gubernur yang damai, jujur, dan adil. Sehingga, kita mampu menghasilkan pemimpin yang berkualitas, yang akan membuat Jawa Tengah lebih makmur dan lebih sejahtera," harap Nana.

Sementara itu, Ketua KPU Jateng Handi Tri Ujiono menyampaikan, deklarasi kampanye damai ini merupakan moment penting bagi masyarakat Jateng untuk menyaksikan komitmen peserta pemilihan dalam melaksanakan Pilkada yang berasaskan yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

"Bersama ini kita juga menegaskan untuk melakukan kampanye yang sehat. Tidak mengumbar hal-hal yang negatif antar peserta, antar kontestan, dan para simpatisan,” kata dia.

Handi menambahkan, kampanye harus mengedepankan sisi positif untuk dipromosikan kepada pemilih. ***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Semarang Raya27 September 2024, 20:27 WIB

Membaca Peta Politik Pilgub Jateng: Luthfi-Yasin Ancam Dominasi PDIP di Kandang Banteng

elektabilitas Luthfi-Yasin sebesar 45,2 persen, unggul tipis dari Andika-Hendi di angka 37,7 persen.
FGD dengan tema Membaca Peta Politik Pilgub Jawa Tengah.
 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Semarang Raya26 September 2024, 20:20 WIB

Pemkot Semarang Apresiasi Lima Kelurahan Terbaik dalam Program Kampung Iklim 2024

Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi terhadap upaya aktif masyarakat dalam mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.
Pemkot Semarang memberikan penghargaan kepada lima kelurahan terbaik dalam Program Kampung Iklim 2024.  (Sumber:  | Foto: Dok)
Umum26 September 2024, 13:05 WIB

Asosiasi Pasar Rakyat Serahkan Petisi Permohonan Perlindungan pada Kemendag

Para pedagang yang merupakan pelaku ekonomi kerakyatan ini membutuhkan perlindungan dari regulasi yang tidak berkeadilan.
APARSI menyerahkan surat rekomendasi dan pernyataan sikap atas PP No 28 Tahun 2024. (Sumber:  | Foto: Sakti)
Semarang Raya26 September 2024, 07:49 WIB

Mbak Ita Puji Peran Pekerja Sosial Masyarakat dalam Pembangunan

PSM turut berkontribusi dalam peningkatan angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Angka Usia Harapan Hidup di Kota Semarang.
Pembinaan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Kota Semarang Tahun 2024 di Balaikota Semarang. (Sumber:  | Foto: Dok)
Semarang Raya24 September 2024, 20:32 WIB

Kedamaian Melalui Silaturahmi: Kapolda Jateng dan MUI Bersinergi Jaga Kamtibmas Dalam Pilkada 2024

Kapolda menyampaikan Jawa tengah terkenal dengan guyub rukun, jangan sampai dirusak oleh hal-hal yang nanti akan menguras energi.
Polda Jawa Tengah dan Ulama sepakat memperkuat sinergi demi menjaga Kamtibmas  selama Pilkada 2024. (Sumber:  | Foto: Dok)
Semarang Raya24 September 2024, 16:51 WIB

Sukses Percepat Digitalisasi, Pemkot Semarang Jadi yang Terbaik se-Jawa Bali

Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi atas upaya Pemerintah Kota Semarang dalam mempercepat implementasi digitalisasi di daerah.
Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menerima penghargaan bidang digitalisasi.  (Sumber:  | Foto: dok Humas Pemkot Semarang.)
Semarang Raya24 September 2024, 16:01 WIB

Kontestan Pilgub Jateng Deklarasi Pilkada Damai

Dua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah mendeklarasikan kampanye damai pada Pilkada 2024 di halaman Kantor KPU Jateng pada Selasa, 24 September 2024.
Deklarasikan kampanye damai pada Pilkada 2024 di KPU Jateng pada Selasa, 24 September 2024. 

 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Semarang Raya23 September 2024, 19:19 WIB

KPU Tetapkan Calon Wali Kota Semarang : Pasangan Agustina-Iswar Nomor Urut 1, Yoyok-Joko Santoso 2

Nomor urut ini didapat setelah KPU Kota Semarang menggelar rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang.
Calon Wali Kota Semarang Nomor Urut 1 pasangan Agustin-Iswar dan Nomor Urut 2 Yoyok-Joko Santoso. 
 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Semarang Raya23 September 2024, 18:51 WIB

Sikapi Aksi Kenakalan Remaja, Wali Kota Semarang Tekankan Kolaborasi Lintas Sektor

Wali kota Hevearita Gunaryanti Rahayu menekankan pentingnya kolaborasi lintas sektor dalam menjaga keamanan, ketertiban dan kondusifitas lingkungan.
Rapat Koordinasi Deteksi Dini dan Cegah Kenakalan Remaja. (Sumber:  | Foto: Sakti)
Bisnis23 September 2024, 15:01 WIB

Istana Buah Semarang Buka Cabang Ketiga di Siliwangi, Ada Banyak Tenant Kuliner

Cabang ketiga ini melengkapi dua lokasi sebelumnya yakni di Jl Pandanaran (wilayah bawah) dan Jl Sultan Agung (wilayah atas).
Istana Buah cabang membuka  cabang ketiga di Jalan Siliwangi. (Sumber:  | Foto: Sakti)