Sukses Percepat Digitalisasi, Pemkot Semarang Jadi yang Terbaik se-Jawa Bali

Sakti Setiawan
Selasa 24 September 2024, 16:51 WIB
Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menerima penghargaan bidang digitalisasi.  (Sumber:  | Foto: dok Humas Pemkot Semarang.)

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menerima penghargaan bidang digitalisasi. (Sumber: | Foto: dok Humas Pemkot Semarang.)

SEMARANG, INFOSEMARANG.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang untuk pertama kali berhasil meraih dua penghargaan sekaligus dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) 2024.

Pemkot Semarang memperoleh predikat sebagai Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah atau TP2DD Pemerintah Kota Terbaik Wilayah Jawa-Bali dan juga menjadi pemenang Program Unggulan P2DD Kota Terbaik melalui Program Gerakan Transaksi Elektronik Kota Semarang (GESIT).

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, menerima langsung penghargaan tersebut di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Senin 23 September 2024. Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi atas upaya Pemerintah Kota Semarang dalam mempercepat implementasi digitalisasi di daerah.

"Tentunya hal ini menjadi salah satu bukti bahwa implementasi dan kemudian juga satgas dari P2DD ini berjalan dengan baik," ujar Mbak Ita, sapaan akrab wali kota.

Pihaknya mengungkapkan bahwa prestasi ini merupakan kolaborasi banyak pihak, mulai dari Kemenko Perekonomian, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, kesediaan masyarakat untuk implementasi, termasuk bantuan penuh dari Bank Indonesia perwakilan Jawa Tengah.

Lebih lanjut pihaknya merasa bangga atas capaian yang telah diraih Kota Semarang beberapa waktu ini berkat kolaborasi yang baik.

"Tentu ini menjadi satu kebanggaan karena dalam satu minggu ini Pemerintah Kota Semarang mendapatkan bertubi-tubi penghargaan dan ini membuktikan bahwa Kota Semarang berkolaborasi bersinergi dengan stakeholder, kemudian juga dengan masyarakat dan juga dari teman- teman pemerintah kota," sambungnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam sambutannya berharap penghargaan tersebut dapat memotivasi daerah lain.

“Kami berharap penghargaan ini dapat memotivasi daerah lain untuk mempercepat digitalisasi transaksi guna mendukung perekonomian lokal,” kata Airlangga.

Penghargaan ini sebagai bentuk evaluasi dan apresiasi atas kinerja Pemerintah Daerah dengan melaksanakan Championship TP2DD 2024 di 5 wilayah yaitu Sumatera, Jawa-Bali, Kalimantan, Sulawesi, serta Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

Dalam ajang ini, Satgas P2DD telah menetapkan 15 Pemerintah Daerah (Pemda) Penerima Penghargaan TP2DD terbaik, 3 Pemda Penerima Penghargaan Program Unggulan terbaik di tingkat Provinsi, Kabupaten, dan Kota, 1 BPD terbaik, serta 3 TP2DD Rookie of the Year yang dinilai paling mendukung kebijakan P2DD tahun 2023.

Yang luar biasa, Kota Semarang menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang berhasil memenangkan kedua kategori ini di antara 15 pemerintah daerah penerima penghargaan.

Turut hadir dalam acara tersebut sejumlah pejabat tinggi negara, termasuk Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan, Sri Mulyani, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas serta Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo.

Capaian ibu kota Provinsi Jawa Tengah ini mengukuhkan Pemkot Semarang sebagai salah satu Pemda pelopor transformasi digital di Indonesia. Program GESIT yang diinisiasi oleh Pemkot Semarang melalui Bapenda berhasil melakukan digitalisasi transaksi di berbagai sektor hingga level kecamatan, mulai dari pembayaran pajak hingga retribusi.***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Semarang Raya27 September 2024, 20:27 WIB

Membaca Peta Politik Pilgub Jateng: Luthfi-Yasin Ancam Dominasi PDIP di Kandang Banteng

elektabilitas Luthfi-Yasin sebesar 45,2 persen, unggul tipis dari Andika-Hendi di angka 37,7 persen.
FGD dengan tema Membaca Peta Politik Pilgub Jawa Tengah.
 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Semarang Raya26 September 2024, 20:20 WIB

Pemkot Semarang Apresiasi Lima Kelurahan Terbaik dalam Program Kampung Iklim 2024

Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi terhadap upaya aktif masyarakat dalam mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.
Pemkot Semarang memberikan penghargaan kepada lima kelurahan terbaik dalam Program Kampung Iklim 2024.  (Sumber:  | Foto: Dok)
Umum26 September 2024, 13:05 WIB

Asosiasi Pasar Rakyat Serahkan Petisi Permohonan Perlindungan pada Kemendag

Para pedagang yang merupakan pelaku ekonomi kerakyatan ini membutuhkan perlindungan dari regulasi yang tidak berkeadilan.
APARSI menyerahkan surat rekomendasi dan pernyataan sikap atas PP No 28 Tahun 2024. (Sumber:  | Foto: Sakti)
Semarang Raya26 September 2024, 07:49 WIB

Mbak Ita Puji Peran Pekerja Sosial Masyarakat dalam Pembangunan

PSM turut berkontribusi dalam peningkatan angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Angka Usia Harapan Hidup di Kota Semarang.
Pembinaan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Kota Semarang Tahun 2024 di Balaikota Semarang. (Sumber:  | Foto: Dok)
Semarang Raya24 September 2024, 20:32 WIB

Kedamaian Melalui Silaturahmi: Kapolda Jateng dan MUI Bersinergi Jaga Kamtibmas Dalam Pilkada 2024

Kapolda menyampaikan Jawa tengah terkenal dengan guyub rukun, jangan sampai dirusak oleh hal-hal yang nanti akan menguras energi.
Polda Jawa Tengah dan Ulama sepakat memperkuat sinergi demi menjaga Kamtibmas  selama Pilkada 2024. (Sumber:  | Foto: Dok)
Semarang Raya24 September 2024, 16:51 WIB

Sukses Percepat Digitalisasi, Pemkot Semarang Jadi yang Terbaik se-Jawa Bali

Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi atas upaya Pemerintah Kota Semarang dalam mempercepat implementasi digitalisasi di daerah.
Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menerima penghargaan bidang digitalisasi.  (Sumber:  | Foto: dok Humas Pemkot Semarang.)
Semarang Raya24 September 2024, 16:01 WIB

Kontestan Pilgub Jateng Deklarasi Pilkada Damai

Dua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah mendeklarasikan kampanye damai pada Pilkada 2024 di halaman Kantor KPU Jateng pada Selasa, 24 September 2024.
Deklarasikan kampanye damai pada Pilkada 2024 di KPU Jateng pada Selasa, 24 September 2024. 

 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Semarang Raya23 September 2024, 19:19 WIB

KPU Tetapkan Calon Wali Kota Semarang : Pasangan Agustina-Iswar Nomor Urut 1, Yoyok-Joko Santoso 2

Nomor urut ini didapat setelah KPU Kota Semarang menggelar rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang.
Calon Wali Kota Semarang Nomor Urut 1 pasangan Agustin-Iswar dan Nomor Urut 2 Yoyok-Joko Santoso. 
 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Semarang Raya23 September 2024, 18:51 WIB

Sikapi Aksi Kenakalan Remaja, Wali Kota Semarang Tekankan Kolaborasi Lintas Sektor

Wali kota Hevearita Gunaryanti Rahayu menekankan pentingnya kolaborasi lintas sektor dalam menjaga keamanan, ketertiban dan kondusifitas lingkungan.
Rapat Koordinasi Deteksi Dini dan Cegah Kenakalan Remaja. (Sumber:  | Foto: Sakti)
Bisnis23 September 2024, 15:01 WIB

Istana Buah Semarang Buka Cabang Ketiga di Siliwangi, Ada Banyak Tenant Kuliner

Cabang ketiga ini melengkapi dua lokasi sebelumnya yakni di Jl Pandanaran (wilayah bawah) dan Jl Sultan Agung (wilayah atas).
Istana Buah cabang membuka  cabang ketiga di Jalan Siliwangi. (Sumber:  | Foto: Sakti)