Mbak Ita Puji Peran Pekerja Sosial Masyarakat dalam Pembangunan

Sakti Setiawan
Kamis 26 September 2024, 07:49 WIB
Pembinaan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Kota Semarang Tahun 2024 di Balaikota Semarang. (Sumber:  | Foto: Dok)

Pembinaan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Kota Semarang Tahun 2024 di Balaikota Semarang. (Sumber: | Foto: Dok)

SEMARANG, INFOSEMARANG.COM - Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengapresiasi peran Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) di Kota Semarang dalam pembangunan. Menurut wali kota yang akrab disapa Mbak Ita tersebut, PSM turut berkontribusi dalam peningkatan angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Angka Usia Harapan Hidup di Kota Semarang.

“Pekerja sosial adalah pahlawan tanpa tanda jasa seperti halnya guru. Dalam keadaan apapun mereka selalu ada saat ada musibah, saat ada ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) dan yang susah-susah itu PSM selalu ada dan tentunya kami berharap beliau-beliau tidak bosan-bosan menyumbangkan tenaga dan pikirannya,” ungkap Mbak Ita pada acara Pembinaan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Kota Semarang Tahun 2024 di Balaikota Semarang, Rabu (25/9).

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Semarang, IPM Kota Semarang pada tahun 2023 mencapai 84,43 (kategori sangat tinggi) dan angka harapan hidup kota Semarang tahun 2023 adalah 77,90 tahun. Saat ini PSM tengah melakukan pendampingan berbagai kegiatan positif untuk masyarakat seperti urban farming, budidaya perikanan, hingga membuat kerajinan.

Mbak Ita berharap PSM dapat berkolaborasi dengan Lumpang Semar (Lumbung Pangan Kota Semarang) atau lembaga sejenis untuk menjual hasil kegiatan-kegiatan positif tersebut sehingga menjadi pemasukan bagi PSM maupun masyarakat.

“Bagaimana panjenengan tetap happy, bahagia, sebagai pekerja sosial tapi kehidupan panjenengan bisa tertopang dengan sejahtera. Sekali lagi matur nuwun. Angka harapan hidup kota Semarang itu sudah tambah, jadi makin banyak lansia, diharapkan lansia yang bahagia,” kata Mbak Ita.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Semarang, Heroe Soekendar menjelaskan pembinaan PSM penting dilakukan untuk mengingatkan kembali tugas PSM sebagai perpanjangan pemerintah di wilayah-wilayah. Adanya PSM bertujuan untuk menangani masalah-masalah sosial yang ada di lapangan dengan segera.

“Kami juga sudah ada Puskessos, Pusat Kesejahteraan Sosial di kelurahan sehingga aduan warga masyarakat tentang permasalahan-permasalahan sosial termasuk juga Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS), ada teman-teman dari PSM, TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan), Tagana (Taruna Siaga Bencana) dan Pemuda Pelopor, nanti bisa kita selesaikan lebih cepat lagi,” pungkas Heroe.***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Semarang Raya27 September 2024, 20:27 WIB

Membaca Peta Politik Pilgub Jateng: Luthfi-Yasin Ancam Dominasi PDIP di Kandang Banteng

elektabilitas Luthfi-Yasin sebesar 45,2 persen, unggul tipis dari Andika-Hendi di angka 37,7 persen.
FGD dengan tema Membaca Peta Politik Pilgub Jawa Tengah.
 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Semarang Raya26 September 2024, 20:20 WIB

Pemkot Semarang Apresiasi Lima Kelurahan Terbaik dalam Program Kampung Iklim 2024

Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi terhadap upaya aktif masyarakat dalam mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.
Pemkot Semarang memberikan penghargaan kepada lima kelurahan terbaik dalam Program Kampung Iklim 2024.  (Sumber:  | Foto: Dok)
Umum26 September 2024, 13:05 WIB

Asosiasi Pasar Rakyat Serahkan Petisi Permohonan Perlindungan pada Kemendag

Para pedagang yang merupakan pelaku ekonomi kerakyatan ini membutuhkan perlindungan dari regulasi yang tidak berkeadilan.
APARSI menyerahkan surat rekomendasi dan pernyataan sikap atas PP No 28 Tahun 2024. (Sumber:  | Foto: Sakti)
Semarang Raya26 September 2024, 07:49 WIB

Mbak Ita Puji Peran Pekerja Sosial Masyarakat dalam Pembangunan

PSM turut berkontribusi dalam peningkatan angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Angka Usia Harapan Hidup di Kota Semarang.
Pembinaan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Kota Semarang Tahun 2024 di Balaikota Semarang. (Sumber:  | Foto: Dok)
Semarang Raya24 September 2024, 20:32 WIB

Kedamaian Melalui Silaturahmi: Kapolda Jateng dan MUI Bersinergi Jaga Kamtibmas Dalam Pilkada 2024

Kapolda menyampaikan Jawa tengah terkenal dengan guyub rukun, jangan sampai dirusak oleh hal-hal yang nanti akan menguras energi.
Polda Jawa Tengah dan Ulama sepakat memperkuat sinergi demi menjaga Kamtibmas  selama Pilkada 2024. (Sumber:  | Foto: Dok)
Semarang Raya24 September 2024, 16:51 WIB

Sukses Percepat Digitalisasi, Pemkot Semarang Jadi yang Terbaik se-Jawa Bali

Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi atas upaya Pemerintah Kota Semarang dalam mempercepat implementasi digitalisasi di daerah.
Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menerima penghargaan bidang digitalisasi.  (Sumber:  | Foto: dok Humas Pemkot Semarang.)
Semarang Raya24 September 2024, 16:01 WIB

Kontestan Pilgub Jateng Deklarasi Pilkada Damai

Dua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah mendeklarasikan kampanye damai pada Pilkada 2024 di halaman Kantor KPU Jateng pada Selasa, 24 September 2024.
Deklarasikan kampanye damai pada Pilkada 2024 di KPU Jateng pada Selasa, 24 September 2024. 

 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Semarang Raya23 September 2024, 19:19 WIB

KPU Tetapkan Calon Wali Kota Semarang : Pasangan Agustina-Iswar Nomor Urut 1, Yoyok-Joko Santoso 2

Nomor urut ini didapat setelah KPU Kota Semarang menggelar rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang.
Calon Wali Kota Semarang Nomor Urut 1 pasangan Agustin-Iswar dan Nomor Urut 2 Yoyok-Joko Santoso. 
 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Semarang Raya23 September 2024, 18:51 WIB

Sikapi Aksi Kenakalan Remaja, Wali Kota Semarang Tekankan Kolaborasi Lintas Sektor

Wali kota Hevearita Gunaryanti Rahayu menekankan pentingnya kolaborasi lintas sektor dalam menjaga keamanan, ketertiban dan kondusifitas lingkungan.
Rapat Koordinasi Deteksi Dini dan Cegah Kenakalan Remaja. (Sumber:  | Foto: Sakti)
Bisnis23 September 2024, 15:01 WIB

Istana Buah Semarang Buka Cabang Ketiga di Siliwangi, Ada Banyak Tenant Kuliner

Cabang ketiga ini melengkapi dua lokasi sebelumnya yakni di Jl Pandanaran (wilayah bawah) dan Jl Sultan Agung (wilayah atas).
Istana Buah cabang membuka  cabang ketiga di Jalan Siliwangi. (Sumber:  | Foto: Sakti)