Peringatan Dini, Waspada Gelombang Tinggi di Laut Jawa dan Laut Selatan Jawa

Waspada gelombang tinggi di perairan utara dan selatan Jawa. (Sumber : BMKG)

Peringatan dini untuk wilayah Jawa, diprediksi akkan ada gelombang tinggi di perairan selatan Jawa dan utara Jawa, masyarakat diminta untuk waspada.

INFOSEMARANG.COM - BMKG menerbitkan peringatan dini gelombang tinggi di wilayah Jawa, khususnya laut selatan Jawa dan utara Jawa. Peringatan dini berlaku pada Minggu 9 Juli 2023 pagi hingga Senin 10 Juli 2023 pagi.

Bagi masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi, diharapkan untuk selalu waspada.

Untuk Pulau Jawa, hindari Samudra Hindia Selatan Jawa yang diperkirakan akan terjadi gelombang tinggi hingga esok hari. Tinggi gelombang perairan selatan Jawa diperkirakan mencapai 2,5 meter hingga 4 meter.

Sementara itu untuk perairan utara Jawa, tepatnya Laut Jawa, juga diprediksi akan mengalami gelombang tinggi. Diperkirakan 1,25 meter hingga 2,5 meter atau skala sedang.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Semarang Minggu Hari Ini, Cocok untuk Aktivitas Keluar Rumah

Berikut saran keselamatan pelayaran yang harus diperhatikan:

- perahyu nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter)

- kapal tongkang (kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter)

- kapal ferry (kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter)

- kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar (kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4 meter)

***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI