Bebastugaskan Kepala SMKN 1 Sale Rembang, Ganjar Pranowo Beri Peringatan Sekolah Lain jika Terbukti Pungli

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, saat mengobrol bersama Najwa Shihab. (Sumber : Tangkapan Layar YouTube Najwa Shihab)

Seusai membebastugaskan Kepala SMK Negeri 1 Sale di Rembang dari jabatannya,Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo beri peringatan untuk sekolah lainnya jika terbukti pungli.

INFOSEMARANG.COM - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, memberi peringatan keras untuk sekolah yang terbukti melakukan pungutan liar berkedok motif apa pun. Seperti yang dilakukan di SMK Negeri 1 Sale, Rembang.

Ganjar mengingatkan para guru dan kepala sekolah untuk waspada jika terbukti melakukan pungli di sekolah. Ia tidak segan-segan untuk membebastugaskan para tenaga pendidik di sekolah tersebut.

"Kami titip kepada kawan-kawan guru, kawan-kawan kepala sekolah, agar berhati-hati betul pada soal tarikan-tarikan kepada siswa agar tidak memberatkan,” kata Ganjar saat melakukan kunjungan kerja ke Sukoharjo, Selasa 11 Juli 2023.

Baca Juga: Siswi di Rembang Ngadu soal Bayar Infak Rp 300 Ribu, Ganjar Pranowo: Kembalikan Uangnya atau Kepsek Suruh Berhenti

Diberitakan, Kepala SMKN 1 Sale Rembang bernama Widodo berakhir dibebastugaskan dari jabatan. Hal ini menindaklanjuti pengakuan siswinya di hadapan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Pada Senin 10 Juli 2023, Ganjar melakukan kunjungan kerja ke Rembang, satu di antaranya bertemu para siswa di Rembang. Ganjar menanyakan langsung soal dugaan pungutan liar di sekolah negeri.

Seorang siswi dari SMKN 1 Sale mengaku jika dirinya dikenai biaya infak senilai Rp 300 ribu saat kenaikan kelas. Siswi tersebut mengaku jika setiap tahun, besar infak yang dibayarkan selalu berbeda nominalnya.

Setelah dilakukan pengecekan pihak terkait, ternyata informasi itu benar adanya. Menindaklanjuti hal ini, Ganjar pun mengambil tindakan tegas dengan membebastugaskan Kepala SMKN 1 Sale dari jabatan yang diembannya.

Ganjar juga meminta pihak sekolah untuk mengembalikan uang berkedok infak tersebut kepada masing-masing siswa.

***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI