Sekolah Ketar-ketir, Ganjar Pranowo Buka Nomor Aduan Pungli Berkedok Infak, Siapa Saja Bisa Melapor

Ganjar Pranowo membuka nomor aduan untuk masyarakata agar melapor jika menemukan tindakan pungli di sekolah. (Sumber : Instagram @ganjar_pranowo)

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengambil jalan tegas untuk menindaklanjuti pungutan liar yang terjadi di SMA, SMK dan SLB Negeri se-Jateng.

INFOSEMARANG.COM - Menindaklanjuti dugaan pungli di sekolah-sekolah negeri se-Jateng, Ganjar Pranowo membuka nomor aduan untuk masyarakata agar melapor jika menemukan tindakan pungli di sekolah.

Pembukaan nomor aduan ini sekaligus menegaskan bahwa seluruh sekolah negeri, SMA/SMK/SLB sederajat, di Jawa Tengah gratis.

Masyarakat bisa melapor ke nomor 082329625325. Masyarakat juga diimbau untuk tidak takut melapor demi kebaikan bersama. Atau bisa melalui link s.id/laporgub.

Baca Juga: Kepala SMKN 1 Sale Rembang Sebut Pungli Berkedok Infak untuk Bangun Musala, Dikelola Komite Bukan Sekolah

Kapan seharusnya melapor?

Jika masyarakat menemui sekolah yang melakukan pungutan kepada siswa dan orangtua atau wali murid. Contohnya pungutan dengan alibi uang gedung, SPP, infak, wisata, wisuda dan jenis pungutan lain dalam bentuk apa pun.

Selain itu terkait seragam sekolah hanya boleh dilakukan secara mandiri oleh siswa atau orangtua/wali. Jika menemukan sekolah atau lembaga yang melakukan pungutan untuk seragam, adukan juga segera ke nomor yang telah tersedia.

Nomor aduan ini menjadi tindak lanjut Pemprov Jateng untuk mencegah maraknya pungli di sekolah. Setelah sempat berdialog dengan siswa yang mengaku harus membayar infak ratusan ribu rupiah setiap kenaikan kelas.

***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI