Apa Itu Awan Cirrocumulus? Sempat Muncul di Langit Semarang Hari Ini

Penampakan awan cirrocumulus di langit Semarang, Selasa 18 Juli 2023. (Sumber : Twitter @mylovefortaekoo)

Hari ini, Selasa 18 Juli 2023, warga Semarang sempat dibuat heran dengan kemunculan awan Cirrocumulus yang bisa dilihat di wilayah Semarang dan sekitarnya.

INFOSEMARANG.COM - Awan cirrocumulus atau sirokumulus terlihat di langit Semarang hari ini, Selasa 18 Juli 2023. Awan dengan dominan putih minim sekat tersebut tampak mendominasi di langit Semarang.

Pemandangan langit dengan awan sirokumulus ini terlihat di Kota Semarang dan wilayah terdekatnya, seperti Tembalang dan lainnya.

Terlihat kontras antara awan putih itu dengan langit biru yang tampak seperti terbelah. Bahkan warga ada yang menyebut awan layaknya karpet yang digelar di bawah langit.

Baca Juga: Bikin Heboh! Apa Itu Fenomena Aphelion yang Disebut Kerap Terjadi di Bulan Juli? Cek Faktanya DI SINI

Awan sirokumulus merupakan awan berlapis yang ada di troposfer. Karena letaknya yang tinggi, awan ini menjadi tumpukan yang mengumpulkan sesuatu yang disebut 'butiran beras'.

Awan sirokumulus ini jarang terlihat daripada awan lainnya. Jika bisa menyaksikan awan ini merupakan fenomena yang langka.

Awan memang kerap digunakan sebagai penanda cuaca. Awan sirokumulus sendiri mirip dengan awan stratocumulus dan altocumulus yang amsuk dalam awan kelompok tinggi.

***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI