Polemik Terminal Mangkang yang Megah tapi Sepi Penumpang, Bus-bus pun Pilih Hengkang

Terminal Mangkang Semarang yang masih sepi penumpang hingga bus-bus lebih memilih untuk tak ngetem di sini. (Sumber : Instagram @skyscrapercitysemarang)

Terminal Mangkang di Semarang yang sudah diresmikan sejak 14 tahun silam yang lalu dinilai tak memberi dampak lebih baik bagi awak bus.

INFOSEMARANG.COM - Para sopir bus kini lebih memilih untuk tak mampir masuk ke Terminal Mangkang Semarang karena dinilai tidak memberi banyak keuntungan.

Dari pantauan yang diunggah akun @skyscrapercitysemarang, terminal yang cukup megah dengan desain gedung yang bagus ini terlihat lengang. Tak banyak bus yang masuk dan keluar di Terminal Mangkang ini.

Menurut keterangan pengunggah foto, di terminal ini hanya terlihat para penumpang dengan tujuan dalam kota saja. Sehingga banyak bus antar provinsi yang memilih tidak mampir ke Terminal Mangkang.

Baca Juga: Cara Pakai Mesin Face Recognition di Stasiun Tawang Semarang, Permudah Perjalanan Kamu

Masih layakkah Terminal Mangkang disebut sebagai terminal sentral di Semarang?

Terminal bus yang sudah diresmikan sejak 2009 ini juga terlihat sepi penumpang. Padahal terminal ini dibangun di atas tanah yang sangat luas.

Di area Terminal Mangkang ini juga terdapat mall pelayanan publik (MPP). Meski bagian depan gedung terminal terlihat usang.

Fungsi Terminal Mangkang ini bahkan disandingkan dengan Terminal Tirtonadi Solo yang disebut jauh lebih fungsional karena terintegrasi dengan stasiun dan bandara.

Seperti diketahui, Terminal Tirtonadi Solo, meski memiliki desain yang lebih kuno, namun terminal ini terhubung dengan tujuan para penumpang yang hendak ke stasiun dan bandara.

Baca Juga: Kecelakaan di Terminal Banyumanik, Truk Tanpa Muatan yang Menderek Truk Lain Tabrak Tangga Beton JPO

Jika penumpang ingin ke bandara atau stasiun, bisa melalui jembatan Skybridge yang dibuat di atas jalanan Kota Solo.

Untuk menuju bandara, biasanya tersedia layanan kereta bandara dari Stasiun Balapan Solo. Bisa juga menggunakan bus Batik Solo Trans (BST) dari Terminal Tirtonadi.

***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI