Ikut Lomba Masak Nasi Goreng Khas Mbak Ita? Perhatikan Panduan 'Isi Piringku' dan 'Urban Farming' Biar Menang

Galuh Prakasa
Sabtu 29 Juli 2023, 16:04 WIB
Ilustrasi | Perhatikan panduan nasional "Isi Piringku" dan "Urban Farming" saat ikut Lomba Memasak Nasi Goreng Khas Mbak Ita. (Sumber : Pexels/Antony Trivet)

Ilustrasi | Perhatikan panduan nasional "Isi Piringku" dan "Urban Farming" saat ikut Lomba Memasak Nasi Goreng Khas Mbak Ita. (Sumber : Pexels/Antony Trivet)

INFOSEMARANG.COM -- Dalam menyambut HUT RI ke-78, Wali kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu atau yang akrab disapa Mbak Ita menggagas lomba memasak nasi goreng.

Mbak Ita menggagas lomba tersebut untuk mempromosikan konsep ketahanan pangan, urban farming, dan keseimbangan gizi makanan kepada semua orang.

“Saya ini ingin menggerakkan agar ibu-ibu itu kembali lagi ke dapur. Caranya dengan mengadakan lomba masak yang mudah-mudah dulu. Nasi goreng siapa sih yang tidak mau,” ujarnya dikutip dari situs resmi Pemkot Semarang pada Sabtu, 29 Juli 2023.

“Dan dalam nasi goreng itu kan satu piring isinya ada macam-macam (lauk dan sayurnya). Dikolaborasikan dengan urban farming. Memanfaatkan pertanian perkotaan. Jadi dalam susunan menu ada hasil urban farming apa. Pesannya selain memanfaatkan hasil tanaman di sekitar kita juga memasak itu mudah,” katanya menambahkan.

Jadi, Mbak Ita ingin mengajak para ibu-ibu untuk aktif masak di dapur lagi, supaya bisa menyiapkan makanan yang enak dan bergizi buat keluarga. Ibu-ibu kan tahu banget apa yang disukai anggota keluarga di rumah.

Nah, dengan mengadakan lomba masak nasi goreng, diharapkan bisa memancing minat dan semangat ibu-ibu untuk berkreasi dalam masak-memasak.

Baca Juga: Kunjungan ke Tiongkok, Iriana Jokowi Tak Tega Lihat Anak Pembawa Bunga Kehujanan Sampai Lakukan Ini

Nasi Goreng yang Lezat dan Bergizi dengan Urban Farming

Bukan cuma sekadar lomba masak biasa, loh. Ada hal unik lagi dari nasi goreng khas Mbak Ita. Gimana nggak, Mbak Ita punya kriteria khusus ‘Isi Piringku’.

Katanya, kalau mau ikutan lomba, nasi gorengnya harus mengikuti kaidah 'Isi Piringku' yang sederhana tapi penting. Gimana isinya? 1/3 bagian nasi, 1/3 bagian lauk, 1/6 bagian buah, dan 1/6 bagian sayur.

Isi Piringku ini adalah panduan gizi yang juga menjadi program nasional. Harapannya, para ibu peserta lomba nantinya akan menerapkan kaidah Isi Piringku ketika menyiapkan sajian untuk keluarga di rumah.

Jadi, dengan memperhatikan porsi makanan yang seimbang seperti ini, kita bisa jaga kesehatan dan gizi tubuh kita.

Selain itu, Mbak Ita juga meminta peserta memanfaatkan hasil urban farming. Para peserta lomba bisa manfaatkan hasil pertanian perkotaan untuk jadi bahan makanan di nasi goreng mereka.

Baca Juga: Buntut Kasus Kerupuk Babi, Kini Gerai Baso A Fung di Bandara Ngurah Rai Terancam Tutup Meski Alat Makan Sudah Dihancurkan

Anak-Anak Diajak Cinta Masakan Rumahan dan Stop Junk Food

Selain ajak ibu-ibu untuk masak lagi, Mbak Ita juga punya misi lain. Dia ingin mengajak anak-anak untuk cinta masakan rumahan, supaya nggak tergoda terus menerus makanan junk food.

“Kita juga mendidik anak-anak agar lebih mencintai masakan rumah agar tidak terbiasa jajan junk food. Nanti presentasinya kita buat youtube, ada yel-yelnya. Kita mengikuti zaman agar seru,” ujarnya.

Antusiasme Masyarakat, Membuat Lomba Makin Seru

Siapa yang sangka, ternyata respon dari masyarakat luar biasa banget. Lomba masak nasi goreng khas Mbak Ita ini sukses banget, dan banyak yang ikutan.

“Tidak menyangka sambutannya luar biasa. Waktu persiapan saya kira seperti lomba-lomba biasa, ternyata masyarakat antusias. Masyarakat senang. Ini menjadi contoh menumbuhkan keguyuban dan kekompakan masyarakat tidak terlalu sulit. Yang penting bagaimana keinginan pemerintah untuk mendorong seperti ini,” ujar Mbak Ita.

Dari lomba masak sederhana ini, ternyata bisa bikin kekompakan dan keguyuban masyarakat makin kuat. Semoga dengan acara seperti ini, semakin banyak masyarakat yang peduli dengan makanan sehat dan bergizi, serta semakin semangat menjaga ketahanan pangan di Kota Semarang.***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Umum05 Oktober 2024, 12:45 WIB

Kesiapan Venue Ajang Peparnas XVII di Solo Dicek Kesiapannya, Besok Dibuka Presiden

Pembukaan resmi Peparnas XVII akan digelar di Stadion Manahan Solo, Minggu, 6 Oktober 2024.


Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengecek kesiapan akhir venue  Perparnas XVII Solo.
 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Semarang Raya04 Oktober 2024, 21:01 WIB

Pemkot Semarang Buka Seleksi 2.654 Formasi PPPK

Dalam keputusan tersebut, alokasi formasi sebanyak 2.654 posisi disediakan untuk mengisi jabatan fungsional dan jabatan pelaksana di lingkungan Pemerintah Kota Semarang.
Pemkot Semarang menetapkan PPPK untuk Tahun Anggaran 2024. (Sumber:  | Foto: Dok)
Semarang Raya04 Oktober 2024, 20:57 WIB

“Symphony Lawang Sewu 2024" Hadirkan Kla Project dan Ruth Sahanaya

Symphony Lawang Sewu ini menjadi selebrasi pertunjukan musik baru di kota Semarang bagi kalangan usia menengah keatas dalam bernostalgia.
Jumpa pers Symphony Lawang Sewu 2024. (Sumber:  | Foto: Dok)
Pendidikan04 Oktober 2024, 11:54 WIB

Jawab Tantangan Limbah Mikroplastik, Dosen FTP SCU Semarang Raih Penghargaan di Forum Ilmuan Internasional

IUFoST sendiri merupakan organisasi beranggotakan negara-negara yang memiliki asosiasi profesi ahli teknologi pangan.
Dosen FTP SCU Semarang Dyah Wulandari, Ph.D. (Sumber:  | Foto: Sakti)
Bisnis04 Oktober 2024, 11:40 WIB

Ikapesta Kembali Gelar Wedding Expo 2024 di PRPP Semarang, Catat Tanggalnya

Wedding expo terbesar di Kota Semarang ini akan berlangsung selama tiga hari berturut-turut pada Kamis 11 Oktober 2024 hingga Minggu 13 Oktober 2024.


Panitia penyelenggara Ikapesta di depan pintu gerbang PRPP Semarang, sebagai tempat penyelenggaraan acara.
 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Umum03 Oktober 2024, 17:25 WIB

Nana Sudjana Ajak Mahasiswa Berpartisipasi Aktif dalam Pilkada 2024

Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana meminta kepada para mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam perhelatan Pilkada serentak 2024.
Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana  saat menjadi keynote speech pada acara Seminar Kebangsaan di Undip. (Sumber:  | Foto: dok Humas Jateng.)
Semarang Raya03 Oktober 2024, 17:16 WIB

Keren, Kota Semarang Berhasil Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional

Kota Semarang kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan meraih Penghargaan Sekolah Adiwiyata dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK).

Kota Semarang meraih Penghargaan Sekolah Adiwiyata. (Sumber:  | Foto: dok)
Semarang Raya03 Oktober 2024, 17:12 WIB

Banyak Keluhan Warga Terkait "Cumi-cumi Darat", Yoyok Sukawi Buktikan Sendiri Saat Naik BRT

Banyak warga yang menyebutnya cumi-cumi darat, karena BRT Trans Semarang saat ini banyak yang kondisinya tak terawat dan mengeluarkan asap hitam saat melaju di jalanan.
Yoyok Sukawi menjajal pelayanan Bus Rapid Trans (BRT), Kamis 3 Oktober 2024.
Semarang Raya03 Oktober 2024, 16:33 WIB

Banyak Keluhan Warga Terkait "Cumi-cumi Darat", Yoyok Sukawi Buktikan Sendiri Saat Naik BRT

Banyak warga yang menyebutnya cumi-cumi darat, karena BRT Trans Semarang saat ini banyak yang kondisinya tak terawat dan mengeluarkan asap hitam saat melaju di jalanan.
Yoyok Sukawi menjajal pelayanan Bus Rapid Trans (BRT), Kamis 3 Oktober 2024.  (Sumber:  | Foto: Sakti)
Bisnis03 Oktober 2024, 07:01 WIB

Paramount Land Gelar Pameran di Ajang ‘Amazing Gading Serpong’ Property Expo 2024, Hadirkan Beragam Promo Menarik

Paramount Land menggelar pameran properti bertajuk ‘Amazing Gading Serpong Property Expo 2024’ pada 2-7 Oktober 2024 di West Atrium Living World Alam Sutera, Tangerang.
Paramount Land menggelar pameran properti bertajuk ‘Amazing Gading Serpong Property Expo 2024’. (Sumber:  | Foto: Sakti)